Graduation Day

20120921-002059.jpg

Hari ini, merupakan salah satu hari yang spesial, karena akhirnya saya diwisuda juga untuk kelulusan studi master.
2.5 tahun, banyak hal yang terjadi.. Banyak sekali..
Senang, sedih, kesal, benci, rindu, datar, jengkel, galau, suka, duka, manis, pahit, tawa, tangis.. Semuanya..

Awal datang ke Jepang sebagai penerima beasiswa pemerintahan Jepang, tentulah sangat excited.
Menemukan lingkungan baru, kawan baru, makanan baru, metode belajar baru, budaya baru, pemikiran baru, pengalaman baru.
Sempat saya sangat benci dengan negara ini.. Karena negara ini telah menjauhkan saya dari orang-orang yang sangat saya sayangi.
Sempat juga sangat kesal dengan sensei bahasa, karena menjejali terus dengan tugas-tugas non-akademis kuliah.
Sempat sangat frustasi dan depresi dengan tekanan orang-orang program untuk mencari kerja disini.
Sempat sangat merasa sendiri, kesepian, terpuruk, dan menyedihkan karena menjadi orang yang lemah dan putus asa.
Sempat sangat merasa bodoh karena tidak bisa ‘move on’ dan selalu stuck dengan masa lalu yang sangat ga berharga untuk dipertahankan.

Tetapi, seiring waktu, seiring datangnya kejadian demi kejadian, seiring datang dan perginya orang-orang yang memberi pelajaran tentang hidup, seiring itu pula saya mulai berteman dengan keadaan disini.
Mencoba untuk tidak memaksakan diri lagi, tidak tergesa-gesa lagi, tidak membandingkam lagi, tidak berharap pada manusia lagi..

Pada saat pembelajaran itu semua, akhirnya saya jatuh cinta pada negara ini.
Pada lingkungannya yang bersih dan aman, masyarakatnya yang ramah, pelayanannya yang profesional, fasilitasnya yang terbaik, langitnya yang indah, airnya yang jernih, makanannya yang sehat, bunga sakura di musim semi yang cantik, bunga matahari di musim panas yang segar, daun warna-warni di musim gugur yang menyejukkan, dan saljunya yang putih menghangatkan..

Pada hari ini saya diwisuda..
hilang semua rasa berat, beban, sedih, kesal, benci, tangis, sesak, dan semua hal yang menghimpit sebelumnya.
Hilang entah kemana..
Yang ada hanya rasa lega dan ringan.

Pada hari ini saya diwisuda..
Memakai kimono dan hakama, pakaian khas tradisional Jepang ketika kelulusan kuliah.
Nama saya dipanggil di aula, menerima ijazah dan medali simbol lulusnya studi master saya.
Merasa sangat ringan.. Tidak ada beban menghimpit yang dulu selalu mengganjal.
Hanya ada senyuman.

Pada hari ini saya diwisuda..
Walau tidak ada mamah dan ayah yang mendampingi, tetapi semuanya untuk mereka.
Untuk kasih sayang mereka, untuk perjuangan mereka, untuk pengorbanan mereka.

Terima kasih untuk semuanya.
Terima kasih…

 

20120921-003653.jpg

Leave a comment

Filed under memoar jepang

Leave a Reply

