Category Archives: jalan-jalan

Hari Raya Idul Fitri 1436H/2015M

Sebelumnya..
ied

Kartu Ucapan Lebaran 2015 1436h (2)

“SEMOGA ALLAH MENERIMA (PUASA) KITA DAN MENJADIKAN KITA KEMBALI (DALAM KEADAAN SUCI) DAN TERMASUK ORANG-ORANG YANG MENDAPATKAN KEMENANGAN” Aamin..

Setelah melewati sebulan Ramadhan, beibi lulus puasanya full! Horeee, Alhamdulillah.. Terima kasih ya Beibi sholeh, udah nemenin emaknya puasa ga sampe bolong. Keluhan hampir ga ada. Paling di hari terakhir perut sempet melilit perih banget, entah maag, entah kenapa.. tapi masih bisa ngelewatin dengan tetep puasa.

Ceritanya baru bisa pulang Bandung itu sehari sebelum Lebaran (Alhamdulillah, Hilalnya terlihat jadi lebarannya sesuai jadwal dan barengan ya). Baru sekitaran jam setengah 11 siang kami keluar rumah di Cikarang, santai aja. Dikira tol Cipularang bakalan padat, ternyata wuuussh.. lancar jaya kawan! 1,5 jam udah keluar tol nyampe Bandung. Di Bandungnya juga relatif lancar. Sampai Bandung ga langsung ke rumah mamah atau ibuk, tapi mampir ke rumah temen dulu karena janjian mau ambil barang titipan di daerah Turangga. Terus cuami potong rambut di daerah Kircon, setelah muter-muter nyari tukar cukur yang kebanyakan udah tutup. Terus singgah Panti Asuhan “Tambatan Hati” di Jalan Galunggung untuk sumbangin keyboard lama (karena cuami udah beli keyboard baru). Baru deh menjelang maghrib pulang ke Garunggang.

Memang sepakat tahun ini Sholat Idul Fitri-nya giliran di Garunggang dulu, soalnya baju Lebaran saya masih di Garunggang, hehe. InsyaaAllah, tahun depan Sholat Idul Fitri giliran di Bumi Kiara. Alhamdulillah, ngerasain buka puasa terakhir di rumah. walau sempet seharian ngerasa capek keliling, padahal ga nyetir yak, tapi pas sampe rumah sih heboh ngobrol dan coba baju lebaran. Awalnya saya mau pake baju lama aja, insyaaAllah masih cukup dan masih bagus, tapi ade bungsu dapet THR dari kantor dia yang baru, trus ngebeliin baju seragaman gitu deh. Yaa apa mau ditolak, udah dibeliin ini, hihi, Alhamdulillah. Trus, mamah nunjukkin hasil perburuan diskon Lebaran yang ber-merk jadi murmer. Sekalian beli buat oleh-oleh ke Belitung. Kan rencananya abis lebaran mau liburan ke Belitung sama Ayah, Ibuk, Bapak, dan Mbak (tapi sayangnya Bapak ga jadi ikut, soalnya ga enak badan *hiks).

Sambil denger Takbiran, sambil kumpul di meja makan buat masukin uang ke amplop, angpau buat keponakan-keponakan dan sodara-sodara tua. Sekedarnya aja, untuk ‘tanda’ bersyukur dan balasan terima kasih. Kalau di keluarga cuami ga ada budaya kasih-kasih amplop, keluarga saya weh yang heboh. Tapi ini salah satu seni ber-Lebaran dan berkumpul dengan sodara-sodara sih.  Walau pada hari-H nya saya ga bisa langsung bagi-bagi ke keponakan, soalnya tahun ini udah bagi-bagi waktu harus silaturahim ke mertua dan Eyang di Gading. Jadi pagi hari setelah Sholat Ied dan sungkeman keluarga, silaturahim dengan tetangga sekitaran Garunggang, saya ama akgmas cus ke Bumi Kiara untuk silaturahim ke keluarga akgmas. Siangnya ke rumah Eyang. Abis maghrib silaturahim ke rumah Bude-nya cuami di Margahayu.

Malemnya balik lagi Garunggang, karena barang-barang masih ditinggal di Garunggang. Semalem lagi nginep di rumah. Dipikir-pikir, lebaran hari itu tapi ga nyicip kue-kue kering khas Lebarannya. Lah, udah makan ketupat aja kenyang banget. Dan mungkin perut belum terbiasa diisi makan di waktu-waktu yang diluar sahur dan berbuka. Padahal di Garunggang, kue kering pabalatak. Alhamdulillah banyak yang ngasih, pas banget karena mamah ga bikin kue sendiri.

Hari kedua Lebaran, sempetin paginya jalan-jalan di Gasibu dulu. Tadinya mau silaturahim ke Mimih, tapi ternyata lagi ga di Ciwaruga. Sorenya keluarga Bumi Kiara silaturahim ke Garunggang. Baru deh, malemnya giliran kami check-in di Bumi Kiara. Hari ketiga, kami udah ada rencana sendiri, yaitu jalan-jalan ke BSD, Tangerang. Saya mau ke AEON Mall dan IKEA-nya. udah booking kamar di Hotel daerah BSD juga. Sayangnya, keluarga-keluarga yang di daerah BSD lagi ga disana, jadi ga bisa mampir silaturahim. Berangkat dari Bandung jam setengah 3an, maceetttt ya Bandung. Sampe BSD jam 8 malem -,- karena sempet padat merayap jalannya, dan berenti-berenti buat sholat dan makan.

Hari keempat, seharian jalan-jalan di AEON Mall dan IKEA. Penuh bangeettt orang-orang yang berkunjung. Pertama ke AEON Mall dulu, rencana mau cari makan, eh saking penuh dan antrinya ga jadi deh. Mana capek banget, badan ini payah sekali rasanya, ngos-ngosan kayak asma kambuh. Kaki pegel bawa badan dan tas yang berat. Udah serasa mau pingsan, jadi beli minum aja trus keluar Mall nyari makan diluar aja. Sepanjang perjalanan ke IKEA, ga ada tempat makan yang minat, berencana makan di IKEA aja. nyampe IKEA, sama ajaaa,, penuuhh.. parkir mobilnya aja susyaah. Di dalemnya padet. Tapi saya lebih enjoy dan puas di IKEA daripada AEON. Walau lebih lama jalan-jalannya, tapi ga secapek di AEON. Kayaknya karena yang diliat lebih menarik, interior, desain, barang-barang unik dan useful. Beberapa yang lagi SALE dan kira-kira bermanfaat, saya ‘tangkap’, huehehe. Sampe sore di IKEA, tetep aja belum makan, padahal dari pagi belum makan looh.. kami ga sempet sarapan di Hotel, lah abis subuh bablas tidur lagi 😀 mau makan di IKEA aja udah ilfil duluan, ngantrinya aja udah mengularr.

Yasudahlah, baru menjelang maghrib kami bisa makan di salah satu resto keluarga, sekalian arah balik ke hotel. Makan pagi, siang, malem, dirapel semua. Teparrr, tapi puas, karena mission accomplished! Udah tau AEON Mall dan IKEA. Nostalgia jaman di Jepang dulu, heuheu.

Hari terakhir liburan, kami check-out (sebelumnya sempet sarapan dulu kalo sekarang), dan menuju rencana kami untuk muter-muter Bekasi cari tempat tinggal alternatif. Tapi, sampe malem (yang beneran kami muter-muter Bekasi), belum dapet juga tempat yang sreg. Bismillah aja, nanti bisa dapet tempat tinggal yang lebih nyaman akses kemana-mananya.

Begitulah cerita ber-Lebaran saya, cuami, dan 31weeks-old-baby-to-be, pada tahun ini.. semoga disempatkan bertemu Ramadhan tahun depan dan insyaaAllah udah sama beibi-nya.

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, jalan-jalan, keluarga

FAMILY GATHERING 2015

Weekend akhir Mei kemarin diadain Family Gathering dari kantor cuami. Dimulai hari Sabtu kegiatan di JungleLand, Sentul, lanjut malamnya nginep di Hotel Harris, Sentul, dan hari Minggu acara bebas untuk anak-anak dan keluarga. Pertama kalinya saya ikutan acara kantor cuami, yaa secara baru tahun ini cuami bisa gandeng pasangan ke family gathering kantornya.

Us in jungle

Sayang inih tulisan JungleLand-nya kepotong. Yang ngambil fotonya hanya fokus pada kami, heuheu.

Dijadwalnya hari Sabtu pagi itu ada sarapan dulu jam 8-9 di Waroeng Sunda, salah satu resto dalam kawasan JungleLand. Karena pengalaman minggu sebelumnya nganter bungsu training kerja di Sentul, dari Cikarang paling cuman 45-60 menit. Jadilah kami berangkat dari Cikarang jam 7 pagi. Lupa, minggu lalu nganterin bungsu kan hari Minggu dan bukan weekend yang besoknya kejepit. Waktu kami hair Sabtu pagi itu, ternyata jalanan padat. Banyak juga rombongan yang mau main ke JungleLand. Walhasil, baru jam 9 kami nyampe di wilayah JungleLand. Tapi, temen-temen cuami juga ternyata banyak yang baru dateng, dan masih dapet sesi sarapan (udah laperrr ngarep bisa sarapan di JungleLand). Sebelum sarapan, cuami registrasi dulu, sambil dikasih 2 goodybag tas selempang, masing-masing isinya topi dan handuk. Tau aja, berguna banget itu topi dan handuk, karena JungleLand panasnya juara!

The goodies

Abis sarapan, acara dimulai jam 10 di daerah panggung setelah pintu masuk wahana JungleLand yang udah di tenda-in khusus FamGath-nya kantor cuami. Udah ada MC yang heboh di panggung menyambut yang baru dateng. Acara dimulai dengan stretching ringan sebelum pembukaan oleh Dirutnya dan pelepasan burung merpati oleh Direktur-direkturnya. Sesuai jadwal, acara pagi sampe jam 12 siang itu ada ‘Treasure Hunt’. Ternyata tema FamGath-nya adalah ‘Let The Hunt Begin’. Jadi kami dibagi 4 kelompok besar. Masing-masing kelompok dibagi 5 kelompok kecil. Kelompok kecil itu harus cari ‘clue’ berupa potongan puzzle yang nanti sebagai petunjuk ke tempat harta karun. Potongan puzzle bisa didapat setelah selesai misi di setiap pos tantangan. Tantangannya ada nyusun lego, nyusun lagu dan dinyanyiin bareng, berperan drama, ada juga disuruh foto kelompok yang unik dan heboh. Pas jam 12 siang, hampir semua kelompok udah bisa dapet semua potongan puzzle dan dapet ‘harta karun’nya, yaitu setiap orang (karyawan) dapet 1 set lunch box-nya lock&lock.

Ferriswheel

Yang paling aman cuma wahana Ferris Wheel-nya. Muternya pelan-pelan.

Selesai acara ‘treasure hunt’, siangnya adalah acara bebas. Bebas makan siang, bebas main-main di wahana JungleLand. Berhubungan saya lagi ga boleh naik-naik permainan yang terlalu jungkir-balik, jadinya cuman naik Ferris Wheel aja dan masuk ke ‘Gua Dinosaurus’. Abis itu, kami makan siang dan langsung cus ke Hotel buat check-in.

Harris room

Bolehlah secara fasilitas hotel ini cukup rekomended.

Sampai di Hotel Harris, yang ga jauh dari JungleLand, jam 2an kami check-in dan dikasih 1 goodybag lagi. Tas oranye khas Harris yang waktu diambil itu berat,, ternyata isinya penuh dengan aneka oleh-oleh khas Bogor. Pas banget ini buat dibagi-bagi di Bandung nanti. Abis dapet kunci kamar, kami langsung ke kamar dan leyeh-leyeh. Serasa kabur dari panasnya Sentul lalu sembunyi di sejuknya AC kamar. Yang bisa nerusin leyeh-leyeh cuman saya sih, cuami abis mandi dan ganti baju, harus bantuin temen-temennya persiapan panggung nanti malem di acara Gala Dinner, hihihi sabar ya ayg 😀

HArris bag

Awalnya dikira isi tasnya merchandise Hotel, eh ternyata isinya oleh-oleh makanan khas Bogor.

Kerasa cepet waktu berlalu, tau-tau udah maghrib aja, harus siap-siap acara malem. Abis sholat maghrib, sekitar jam 7 malem kami menuju Ballroom hotel. Udah banyak juga yang dateng karena waktunya makan malem. Sambil observasi makanan, kami bisa foto-foto di photobooth yang disediain khusus, langsung print jadi pula. Di dalam ruangan ada panggung dan alat-alat Band. Malem gathering ini sekalian untuk perpisahan salah satu Direktur yang habis masa jabatannya. Acaranya sendiri ada performance band internal kantor, traditional&modern dance ibu-ibu kantor, ballet performance, bagi-bagi doorprice, dan baru acara khusus pemutaran video perpisahan buat sang Direktur. Seru juga acaranya, apalagi waktu pemutaran video buat karyawan-karyawannya say goodbye ke Bapaknya, kocak-kocak, sampe saya ketawa berderai air mata 😀

The band

THE COPAS BAND. Bandnya kantor cuami. Seharusnya dia main keyboard, tapiii bilangnya ga pede karena ga ikut latihan bareng. Padahal udah disuruh-suruh temennya buat maju main keyboard -,-

Acara malem selesai jam 10an, kami yang udah kecapean dan ngantuk, langsung menuju kamar dan beristirahat dengan pulasnya sampe subuh. Kalau acara pagi, khusus buat anak-anak sih. Kebanyakan berenang, bikin hias cupcake dan pizza, dan disediain arena permainan yang dari balon. Saya yang beibinya masih main-main di peyut emaknya, jadi cuman sarapan aja. Udah gitu, balik kamar lagi dan tidur lagi doooong, ahahaha. Parah banget ini badan kalo liburan, abis makan ngantuk, abis mandi ngantuk, abis tidur tetep aja ngantuk. Nunggu check-out jam 12, saya nularin ngantuk ke cuami, jadinya ama cuami tidur lagi deh, hihi.

Over all, acaranya seru, keren, panitianya niat banget (yaiya harus ateuh). Walau belum bisa kenal semua temen-temen kerja cuami, tapi udah bisa gabung di acara kantornya. Semoga kedepannya bisa lebih kenal dan jadi kayak temen sendiri juga.

Leave a comment

Filed under akudankamu, cerita-cerita, event, jalan-jalan

Work to Karimun Jawa (4)

Menjelang maghrib sehabis liat sunset, saya dan Gatot-kun ga langsung ke homestay. Kami diajak Pak Qosim (leader electric construction) untuk liat bintang di salah satu bukit. Katanya disana bagus banget kalau liat bintang. Pas juga malam ini cerah, bintang udah banyak bermunculan. Kebayang indahnya langit malam dipenuhi bintang dari tempat tinggi (jadi inget waktu kemping di Ranu Kumbolo tahun lalu, malem harinya dipenuhi bintang dan serasa deket banget). Pemandangan bintang di malam hari memang hanya puas dinikmati oleh mata tanpa lewat kamera apapun. Tapi kami harus menunggu Pak Taqim yang mengantar para japanis ke hotel masing-masing. Katanya jam 8 sudah selesai. Jadi kami dinner ikan segar bakar, cumi bakar, dan kelapa bakar di Alun-alun Karimun dulu. Beralaskan terpal, beratapkan langit. Pastinya jauuuuh lebih nikmat dan enaakks daripada ikutan dinner dengan japanis di resto.
IMG_8159

Nunggu Pak Taqim lama banget ga dateng-dateng. Kami pindah ke sofa depan SD untuk duduk dan ngobrol. Gatot-kun udah senderan dan ngilang tidur. Ga lama, saya juga ikutan nyender dan akhirnya tidur juga. Parah ngantuk dan capeknya. Pak Qosim dan anaknya balik ke homestay duluan. Pas saya bangun, tetep aja Pak Taqim belum dateng juga. Karena udah malem, saya ajak Gatot-kun balik ke homestay aja. Sampe disana, kami langsung masuk kamar masing-masing. Saya bersih-bersih dan langsung rebahan di kasur, badan serasa remuk ingin segera tidur. Jam 10 malem, Pak Qosim ketuk-ketuk pintu kamar ngajak ke bukit liat bintang karena Pak Taqim udah dateng. Oh no way, ga kuat mata untuk melek. Jadinya saya harus skip liat bintang dari bukit kali ini, hiks. Maybe next time, insyaaAllah.

Minggu, 22 Juni 2014
Diwanti-wanti pak Taqim kalau kami semua harus berada di dermaga jam 5 subuh. Pasalnya, kapal Feri bakalan berangkat lebih awal. Yang biasanya jam 8, jadinya jam 6. Karena banyak turis yang harus diangkut hari itu, efek dari hari kemarin kapal cepat ga bisa beroperasi meninggalkan banyak turis di Karimun. Jam 5 subuh, saya dan Gatot-kun udah keluar homestay, jalan menuju dermaga. Pak Qosim dan crew-nya malah udah dari jam 3:30 keluar dari homestay. Sesampainya di dermaga, udah banyaakk orang yang dateng dan Menuhin Feri. Rombongan Japanis pun ternyata udah semua ada di dalam Feri. Kami cari tempat untuk duduk bareng dengan turis lainnya. Ga ada special seats untuk VIP japanis. Semua udah full. Jadinya harus mau ikutan mindang di dalam Feri.
IMG_8162

Tepat jam 6 pagi kapal Feri berangkat. Lebih enak daripada kapal Express Bahari, apalagi kapal nelayan, karena guncangan ombaknya hampir ga kerasa. Awalnya saya dan Gatot-kun duduk bareng japanis di bawah feri, tapi Kobayashi san dan Kikuchi san bilang kalo di dek Feri lebih kosong dan pemandangannya lagi bagus. Yasudahlah, jadinya saya dan Gatot-kun gabung mereka ke dek kapal. Indeed, pagi hari sisa-sisa sunrise di laut memang masih terlihat bagus banget. Langit super cerah pula. Kami foto-foto sebentar, lalu duduk di dek dan ngobrol. Ga lama, bertumbanganlah Kobayashi san dan Gatot-kun. Disusul Kikuchi san, kemudian terakhir saya ikutan juga tiduran di dek kapal. Sampai panas matahari bikin kami semua terbangun.
IMG20140622003

1 jam menuju sampainya kami di dermaga Jepara, kami turun ke bawah kapal untuk siap-siap ambil barang dan mengantri depan pintu keluar Feri. Total perjalanan 4,5 jam, Alhamdulillah lancar. Jam 11 siang kami sudah di dermaga dan dijemput oleh 5 mobil sewa. Kami bagi-bagi mobil. Saya kebagian semobil dengan Mochida san dan Yoshii san, karena harus duluan berangkat ke Semarang ngejar flight mereka yang jam 15:30. Padahal saya sendiri baru flight jam 17:45 bareng Yao san, dll. Ada beberapa rombongan Iida san dan Kawahara san yang tinggal di Jepara sehari lagi untuk meeting dengan pemda Jepara. Sisanya, pulang hari itu. Mobil Yao san, Tanaka san, dan Urakawa san menyusul ke Semarang dengan sebelumnya lunch di Jepara. Mobil Gatot-kun, Kikuchi san, dan Matsushita san, setelah lunch mampir ke tempat pengiriman barang untuk kirim barang-barang ke Jakarta. Saya yang berangkat duluan belum sempet lunch. Tapi perjalanan ternyata lancar jaya. Kami sampai semarang lebih cepat, jadinya bisa lunch dulu.

Di bandara, saya ngurus check in Mochida san dan Yoshii san. Lalu menyusullah Yao san, Tanaka san, dan Urakawa san. Karena masih ada waktu jadinya tiket Tanaka san dan Urakawa san diganti lagi jadi ikutan jam 15:30. Berangkatlah mereka ber-4 duluan ke Jakarta dan langsung flight Jepang malam harinya. Saya dan Yao san, sudah lega dan duduk di café beli minum dingin. Ga lama rombongan Gatot-kun, Kikuchi san, dan Matsushita san datang bergabung dan pesan minuman. Selagi menunggu boarding, kami ngobrol-ngobrol becandaan dan Yao san bilang kalau mau acara bebas sendiri-sendiri juga silakan. Kikuchi san dan Matsushita san yang dapet reschedule di kelas bisnis, bisa nunggu di lounge GA. Yao san entah kemana. Saya diajak Gatot-kun, yang orang asli Semarang dan maniak pesawat, ke anjungan bandara untuk liat pesawat-pesawat datang dan pergi sambil denger cerita Gatot-kun tentang hobinya terhadap pesawat dengan semangatnya.
IMG_8163

Sampai waktu boarding tiba, kami bergabung lagi semua di gate, dan masuk ke pesawat. Duduk di seat masing-masing, dan tibalah pesawat lepas landas meninggalkan bandara Achmad Yani, Semarang. Dadah-dadah dengan Semarang dan pengalaman full 2 hari di Karimun. See you next month! InsyaaAllah.
IMG20140622007

IMG20140620015

The End!

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, jalan-jalan, kerja, pantai, tempat wisata

Work to Karimun Jawa (3)

Sabtu, 21 Juni 2014
Pagi jam 6 udah stenbay untuk check out hotel karena ada acara pre-ceremony di SD Karimun Jawa. Bertepatan dengan pembagian rapor anak-anak SD-nya, tim instalasi ini bikin acara ‘surprise’ menyalakan lampu LED dan kipas angin di salah satu kelas tempat anak-anak SD berkumpul. Acara dimulai jam 7:30, dibuka dengan sambutan dari kepala sekolah, lalu Tanaka san, Iida san, Kawahara san (selaku ketua instalasi ngasih tau do’s and don’ts terhadap si kontainer), dan terakhir Yao san. Acara lainnya nonton iklan Panasonic melalui proyektor yang sumber listriknya dari kontainer, dan ada penampilan tarian tradisional persembahan dari anak-anak SD Karimun Jawa untuk bapak-bapak japanis. Acara berakhir jam 8:30.
IMG_8147

Sebenernya hari ini hari paling menarik. Karena kapal Express Bahari yang seharusnya kami tumpangi sehari sebelumnya ternyata mengalami kerusakan dan jadi ga bisa berlayar. Karena banyak japanis yang harus pulang ke Jepang malam hari ini, diputuskanlah pada saat dinner di Jiwa Quest untuk sewa kapal cepat pribadi versi lebih kecilnya, bisa mengangkut 12 orang tapi yang harus pulang adalah 9 orang saja. Sisanya memutuskan untuk pulang hari Minggu pake kapal Feri.

Nah, jam 9 udah janjian dengan pihak pemilik kapal di dermaga terdekat. Kami udah kumpul di dermaga, Taunya ada info kalo si kapal cepat kecil ini ga bisa berlayar juga. Bukannya ngabarin dari malem lalu, mendadak begini jadi bikin makin riweuh. Keputusan terakhir adalah sewa kapal nelayan. Eng-ing-eng, yoii, pake kapal tradisional nelayan. Estimasi menempuh 5 jam dari dermaga Karimun Jawa ke dermaga Jepara. Setelah melihat kapal nelayan, berguguranlah yang mau naik. Asalnya 9 orang, jadi 7 orang (Saya, Gatot kun, Yao san, Tanaka san, Urakawa san, Mochida san, dan Yoshii san). Mereka yang kudu pisan pulang Jepang malem ini. Tadinya mau cancel aja, semua ga jadi berangkat. Tapi si kapal nelayan keburu dateng yang ketentuannya kena charge kalau udah dipanggil. Pake perlu ‘ngiceupan’ petugas pelabuhan dulu pula gara-gara perahunya bukan dari teritori dermaga tersebut.
IMG_8148

Jadilah kami ber-7 naik kapal nelayan. Wajib pake safety jacket dulu sebelum naik kapal. Kami ber-7 ditambah 3 orang nelayan udah naik dan siap-siap lepas landas. Udah dadah-dadah sama temen-temen yang di dermaga. Sampe di kapal berangkat dan dermaga terlihat menjauh. Selama perjalanan, kapal dihempas ombak cukup keras. Karena si kapal nelayan ini kecil dan tradisional, kerasa banget Swing kanan, swing kiri, mirip-mirip naik wahana perahu air di dufan. Setelah 1,5 jam perjalanan, tiba-tiba, mesin kapal mati doongs. Kapal berhenti di tengah laut. Mulailah pada nanya ada apa. Si nelayan ada yang ngecek mesin kapal. Ternyata ada kerusakan di selang supply air di mesin utama. Sebenernya masih ada 2 mesin sekunder, tapi daya-nya tetep ga sekenceng mesin utama. Karena perbaikan pun tak kunjung beres, akhirnya diputuskanlah untuk balik ke dermaga Karimun. Pertimbangannya, perjalanan ke Jepara masih 4 jam lagi, sedangkan kapal hanya di support mesin sekunder yang jalannya lelet. Bisa ada kemungkinan di tengah jalan lagi mesin sekundernya mati. Kalo udah gitu gimana coba? Di tengah laut, tanpa alat komunikasi apapun. Oke lah, the japanese said back to Karimun port saja. Selama kapal berhenti waktu mesin utama dibenerin, ternyata hape masih dapet sinyal. Saya pun ngehubungin yang diujung barat pulau untuk bersiap kalau ga ada kabar aja sampe besoknya, segera panggil tim SAR, ahaha.
IMG20140621006

Selama setengah jam, sang nelayan belum bisa bikin mesin utama nyala lagi. Jadinya kami balik ke dermaga Karimun dengan mesin sekunder. Tepat jam 12 siang, kami udah ada di Karimun dan dijemput oleh Pak Taqim menuju SD Karimun Jawa 01. Ngerasa lucu banget karena awalnya udah pamitan dadah-dadah, taunya balik lagi ketemuan dengan temen-temen yang lain. Pada bilang ‘okaeri’ 😀

Cerita belum selesei. Kerja yang sebenernya baru dimulai. Yaitu reschedule tiket pesawat. Jadwal kami yang seharusnya flight Semarang – Jakarta sore ini, harus diganti jadi besok. Secara saya yang bisa bahasa Indonesia dengan lancar (yaiyalaah orang asli Indonesia), jadinya saya yang bekerja untuk ngehubungin agen travel dan pesawat GA untuk reschedule tiket. Seharusnya reschedule ini bisa lebih mudah kalau agen travel bisa stenbay. Tapi, karena hari ini adalah hari sabtu, jadinya agen travel perusahaan hanya buka setengah hari. Jadilah saya harus ngehubungin ticketing GA langsung dengan prosedur cukup lama. Makin ribet lagi karena pembayaran cancellation fee harus dibayar hari itu juga. Kalau engga, kami ga kebagian tiket untuk hari minggu. Udah Full bo! Kartu kredit ga bisa, agen travel udah tutup, orang kantor ga ngerti juga, jadinya ngerepotin salah satu direktur WD, Murata san, untuk dateng ke konter ticketing GA di Jakarta dan bayar cancellation fee kami semua. Telfon sana, Teflon sini, telfon lagi, telfon terus. Sampe akhirnya, Alhamdulillah cancellation fee udah dibayar, kami dapet reschedule ticket untuk keberangkatan dari Semarang ke Jakarta hari Minggu sore.

Yang lain udah santey, udah bisa jalan-jalan beli souvenir, beli kaos Karimun Jawa dan dipake langsung, terus foto-foto. Saya? Belum selesei yaa kawans. Masih ada 1 orang japanis yang bermasalah ticketing-nya, Yoshii san. Saya masih ngurusin kepastian beliau untuk dapet tiket balik Jakarta esok harinya. Kasian juga Yoshii san ini karena jadinya ‘dibully’ sama Yao san, dibilang ga bisa pulang Jepang dan harus stay di Karimun, ihihihi. Dengan muka memelas dan ekspresi mengenaskan, mohon-mohon berdoa biar daoet tiket balik Jakarta. Saya masih ngusahain, tapi emang ada masalah dengan nomor tiket lama dia yang udah terganti dengan nomor baru. Akhirnya, masih dengan bantuan Murata san dari Jakarta, saya bisa dapet nomor tiket barunya dan reschedule flight utk Yoshii san. Alhamdulillah.. selesailah semua urusan tiket yang cukup melelahkan itu bertepatan dengan sunset. Kepulangan ke Jepara insyaAllah udah fix ikut kapal Feri esok harinya. Saya memilih untuk pisah dari rombongan japanis yang akan dinner di salah satu resto, dan memilih minum air kelapa muda di alun-alun dan menikmati sunset hari kedua di Karimun ini. Otsukaresamadeshita.
IMG20140621009

Oya, sebenernya selain problemo tiket pesawat, juga tempat nginep untuk semalem extend itu. Hotel udah penuh karena wiken udah berdatanganlah turis baru. Kamar kosong diprioritasin untuk tetua japanis. Saya dan Gatot-kun, sebagai orang lokal, jadinya dapet di homestay, yang menurut saya malah lebih nyaman daripada di Hotel.

… (to be continued)

1 Comment

Filed under cerita-cerita, jalan-jalan, kerja, pantai, tempat wisata

Work to Karimun Jawa (2)

Jumat, 20 Juni 2014
IMG_8048

Jadwal keberangkatan kami ke Karimun Jawa melalui pelabuhan Kartini Jepara menggunakan kapal cepat, Express Bahari (tiket IDR 130,000). Kapal berangkat jam 8:00 dan menempuh perjalanan 2 jam saja. Jam 10:00 udah sampe di pelabuhan Karimun Jawa dan dijemput oleh Iida san dan PiC selama di Karimun Jawa, Pak Taqim. Kami diantar ke hotel dulu, Escape Hotel (Suite room IDR 400,000 dan Standard room IDR 300,000), untuk check in dan simpan barang. Setelah itu langsung menuju lokasi instalasi kontainer di SD Karimun Jawa 01. Disana udah ada enjiner-enjiner Panasonic jepang dan enjiner Panasonic lokal yang lebih dulu seminggu berada di Karimun. Para bapak-bapak tersebut melaksanakan tugasnya untuk mengecek kesiapan LED Panel Surya. Saya ikut juga, sekalian diterangin bagian dan fungsi dari kontainer oleh enjiner lokal dan foto-foto untuk bukti laporan ke atasan nanti.
IMG_8054

Siang setelah makan di kantin setempat (yang menunya macem-macem dan murraaahh), saya, Tanaka san, Urakawa san, Kobayashi san, dan Kikuchi san, diajak Iida san berkeliling Karimun mengunjungi 3 PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel), Wisata hutan mangrove, dan mampir sebentar di Pantai untuk istirahat sambil minum kelapa. Jadi, di Karimun Jawa ini supply listrik hanya dari PLTD yang itu pun ga bisa menutupi kebutuhan semua rumah. Banyak rumah dan hotel menggunakan genset sendiri, yang hanya dinyalakan mulai jam 18:00 sampe 06:00 (bervariasi sih, malah ada yang cuman sampe jam 12 malem aja). Jadinya harga penginapan disana relatif mahal. ATM hanya ada 1 (rusak pula) dan tentu aja ga bisa pake kartu kredit.
IMG_8080
IMG_8074

Setelah dari 3 PLTD, kami diajak masuk ke wisata hutan Mangrove. Bagus banget!
IMG_8100
IMG_8103
IMG_8114

Lalu singgah di salah satu wisata pantai yang masih sepi pengunjung. Pantainya bersiihh dan manjain mata banget liatnya. Terus minum air kelapa, beli 2 buah diminum rame-rame. Kikuchi san bilang semenjak dari lahir baru pertama kali minum air kelapa, dan dia suka (yaiyyalaah, seger gitu).
IMG20140620017
IMG20140620016

Dari pantai, kami kembali ke SD lagi dengan kerja terakhir pemasangan papan nama Panasonic pun selesai.
IMG_8132

Jam 18:00 kami semua berkumpul di resto Jiwa Quest untuk dinner dan ngobrol santay setelah seharian kerja. Di Jiwa Quest kalau siang pemandangannya pasti bagus banget, sayangnya udah malem ga keliatan apa-apa di laut, rasa makanannya biasa aja, tapi setup buah Pear-nya Juara! Pas dinner itu lebih kenalan lagi dengan orang-orang Jepangnya.

IMG_8130
Yang hadir adalah:
Yao san (Direktur Energi Panasonic ES Gobel Ina, male-45thn, fasih bahasa Indonesia), Tanaka san (Presdir Energi Panasonic ES Jpn, male-50thnan, aksen kansai banget), Urakawa san (GM QA Panasonic ES Jpn, male-50thnan, keliatan galak tapi ramah kok), (Manager apaa gitu *ga hafal, male- 40 tahunan, ramah, baiiik, kocak), Kobayashi san (senior member RnD Panasonic ES Jpn, Female- 37 thn, traveler sejati), Kikuchi san (Enjiner Panasonic Battery Jpn, Male-32 thn tapi baby face *awalnya saya kira msh 25thnan), Matsushita san (enjiner Panasonic Battery Jpn; Male-30 thn yang cute, humble, dan polite banget *ini malah dikirain lebih muda lagi 20thnan), Mochida san (Senior officer Public relation Panasonic ES Jpn; Male-umur ga tau tapi keliatan masih muda, gaul dengan semua perlengkapannya berwarna pink *tp cowo tulen looh), Yoshii san (Manager di Panasonic ES Jpn, Male-40 thnan dengan wajah polos *dan memang polos banget), Kawahara san (Manager di Panasonic ES Jpn, Male-40 thnan, sang leader instalasi panel surya, terlihat serius), Matsuda san (Manager (?) Panasonic Sales ES Ina, Male-40thnan, unique face), Pak Ukurta (Bagian bisnis development Energi Panasonic ES Gobel Ina, male-40thnan, batak), Gatot kun (Enjiner development Energi Panasonic ES Gobel Ina, male-26thn, freak banget ke per-pesawatan, wong Semarang), dan 2 orang dari IBEKA (saya ga terlalu kenalan dengan mereka). Tambahan 5 orang grupnya Pak Qosim (non-Panasonic) yang bertugas untuk instalasi jalur listrik di SD tersebut. Total yang datang untuk pengerjaan instalasi kontainer tenaga surya ini adalah 21 orang.

… (to be continued)
IMG20140620023
my first sunset in Karimun Jawa

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, jalan-jalan, kerja, pantai