Tag Archives: olahraga

Menyusui Sama Dengan Olahraga

Indeed, menyusui itu sebagian dari olahraga. Karena, sampai sekarang Miza mau 5 bulan, Alhamdulillah saya masih bisa kasih ASI Ekslusif dan berat badan saya pun turun dengan sendirinya. Tanpa olahraga rutin jogging setiap pagi atau ke gym tiap malem, kayak waktu single dulu, tapi orang-orang pada bilang saya udah ramping lagi, hihihi. Malah bulan kemarin, karena ngerjain acara kantor sendirian, dalam waktu 3 minggu berat badan mendadak turun 3 kg.. sampai sekarang. Antara Alhamdulillah, senang tentu saja, tapi Astaghfirullah, ga sehat juga nih karena ga olahraga dan makan juga sembarangan.

Ibun 270116

Merasa mengecil di foto ini, wkwkwkwk [taken: 27/01/2016]

Padahal makan saya lebih dahsyat daripada waktu sebelum hamil. Memang menyusui itu jadi cepet lapernya loh. Dulu saya menghindari nasi, apalagi nasi putih, menghindari goreng-gorengan, lebih banyak makan hanya sayur dan buah, lauk pun lebih pilih ikan bakar, sampe orang-orang di kantor suka terpesona setiap makan siang, di piring saya hanya menggunung tanaman selada. Sekarang, makan bisa 3x sehari dengan porsi lengkap; nasi, lauk (ikan/daging/ayam), dan sayur. Belum lagi cemilan kerupuk atau keripik. Gorengan bisa hap-hap-hap seenaknya. Haduuh, jelek banget sebenernya, tapi enak yaa, ahaha. Minum udah mulai kemasan yang manis-manis, dulu hanya air putih atau teh hijau tawar aja. Emang sih, saya rada obsess sama diet.. malah bukan sekedar pengen langsing,tapi pengen kurus. Sekarang, tentu aja pengen dong dibilang kurus, tapi usahanya hanya menyusui aja. Makan dan olahraganya belum teratur lagi nih..

Tapi, badan saya bisa meramping, efeknya beibi Miza yang membesar terus, hohoho. Setiap ada orang yang liat dan nanya umurnya, suka takjub. Masih 4,5 bulan tapi udah 8 kg dan panjang pula. Disebutnya juga bayi besar, hihi. Ya bagaimana, dari emaknya disedot terus masuk ke beibi Miza. Takpapa, yang penting sehat ya nak. Alhamdulillah, berarti saya yang termasuk bisa melangsingkan badan karena menyusui, bukannya membengkak. Bahayanya kalau pola makan begini terus tanpa olahraga pas saya udah ga menyusui, jreng-jreng, siap-siap aja nih *Oh No!!*

Salah satu efek samping menyusui adalah kerontokan rambut. Saya rasa rambut saya rontoknya jadi lebih banyak. Biasanya ga pernah sampe berjatuhan di bantal atau kasur, sekarang banyak sekali bergelimpangan dimana-mana. Katanya sih emang Ibu hamil atau menyusui bisa kena kerontokan rambut. Saya perkirakan, karena zat besi sang ibu diambil ke beibi, sedangkan Ibunya jadi kurang zat besi. Salah satu zat yang bisa memperkuat akar rambut kan zat besi. Walhasil, terjadilah kerontokan rambut itu. Sebentar lagi Miza udah mau makan MPASI, jadi ga full ASI lagi, zat besinya bisa dari MPASInya juga. Semoga aja setelah itu kerontokan rambut saya bisa berkurang banyak ya..

Leave a comment

Filed under being a mommy, cerita-cerita, Uncategorized

Sepeda Gowes

Dari semenjak awal januari lalu, kedatangan orang baru di Dept. Business Planning.
Saya manggilnya Pak Dj. Seorang veteran yang udah lamaaa malang melintang di dunia kerja produksi, dengan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun. Udah menclok-menclok dimana-mana.
Dari perusahaan di Malaysia, lalu pabrik hard disk P*nason*c di Batam yang akhirnya tutup, lalu ke beberapa perusahaan oil&gas milik Australia (masih di Batam juga), dan akhirnya kembali ke perusahaan P*nason*c lagi di Pasuruan ini, yang harus meninggalkan istri dan 3 anaknya di Batam sana.
Untung orangnya asik dan fleksibel, ga kaku dan serius macem bapak-bapak yang udah lama di dunia kerja.

Singkat cerita tentang Pak Dj, karena beliau ini dulu waktu di Batam seorang yang aktif banget ber-MTB (Mountain Bike), akhirnya dengan saran-saran beliau dan iming-iming mau dibawain helm sepeda dari Batam, akhirnya saya beli sepeda juga di Bangil.
Sepeda disini itu sepeda gowes ya kawan-kawan.. karena klo di daerah sini kata ‘sepeda’ aja itu berarti ‘sepeda motor’, sedangkan sepeda gowes adalah ‘sepeda onthel’.
Beda sama di daerah Barat sana, klo sepeda motor kan dibilangnya ‘motor’, klo sepeda gowes dibilangnya ‘sepeda’.

Entah kesambet apaan, akhirnya pada 24 Januari 2013, saya beli sepeda merk P*lygon tipe Monarch 2.0.

Polygon Monarch 2.0

Setelah itu, tiap pagi abis subuh sekitar jam 05:15, rutin sepedaan sama jeng Luli ke arah masuk pabrik Meiji. Kecuali hari kamis yang dijadiin paginya olahraga mencuci baju.
Lumayan, dengan rute yang dilaluin, bolak-balik bisa 30 menit dan sempet ke pasar dulu buat beli sayur. Pukul 06:00 udah nyampe kosan lagi dan bisa masak bikin sarapan.
Seger banget pokoknya, pagi-pagi masih berkabut, ngelewatin rute kiri kanan pematang sawah dan rumah-rumah penduduk khas daerah pedesaan.
Sekitar pukul 05:40 biasanya kami udah ada di jalur yang kalau liat ke sebelah kanan, ada sunrise yang keren banget!g
Dengan view persawahan yang luas, lalu ada saung tepat di tengahnya, di kejauhan bisa liat sunrise dengan warna ufuk jingga-orange-kuningnya perlahan naik keatas. SUbhanallah, such a beautiful paint.
Di tempat itu, kami berhenti sejenak untuk nikmatin sunrise dan udara segar persawahan.

Kalau setiap wikennya, hari sabtu saya dan Pak Dj nge-gowes sampe Pasar Pandaan.
Kalau orang-orang pada tau, langsung kaget, Jauh amaattt!!!
Tapi karena enjoy, ga kerasa jauh kok. Yaa, lumayan sih sampe 1.5jam sampenya.
Istirahat bentar nyari sarapan ringan, lalu balik Bangil lagi.
Baliknya sih enak, turunan, jadi pendinginan banget abis berangkatnya yang tanjakan melulu.
Udah 2 hari sabtu, saya dan Pak Dj memulai gowes Bangil-Pandaan-Bangil setiap paginya.
Dan hari minggu pagi ini mulai nyoba jogging ke Taman Dayu.
Tentu aja ga pake sepeda kesananya, pake motor dulu baru nyampe Taman Dayu mulai jogging sampe atas.
Suka banget daerah Taman Dayu. sekelilingnya pohon-pohon rindang, dan hari minggu banyaaakk yang jogging atau sekedar jalan-jalan di sekitaran Taman Dayu itu.

Akhirnya, bisa ngerasain lagi rutinitas stretching dan olahraga pagi hari abis subuh setelah beberapa bulan ga ngapa-ngapain.
Dulu waktu di Bandung pas jaman kuliah, rutin tiap pagi ke taman Telkom untuk jogging.
Apalagi waktu di Jepang, yang apato emang deket taman ditambah dengan trek jogging yang enak.
Makanya dulu kurus kali yak, banyak gerak untuk bakar lemak.
Pas udah pulang dan kerja disini, yang ada makan-duduk-makan-duduk-ngemil-tidur-makan-ngemil
Huft, kerasa berat banget ke badan (yaiyaaalaah, hampir naik 10kg ini!!!*nangis guling2*)
Hyosh! semoga bisa kurus lagi karena sekarang fasilitas olahraganya udah muanteb! *tapi ngemil tetep kenceng, mwehehehe*

First Sunrise

That was my first capture of sunrise.. so lovely wasn’t it?

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, saya

Olahraga

Olahraga itu penting banget, kawan!

Buat saya yang udah kebiasaan olahraga, minimal jogging pagi.
Lalu pas musim dingin kemarin sama sekali ga olahraga,
kerasa banget ke badan ga enaknya.

Gampang ngantuk.
Terserang anemia lagi.
Males segala macem.
Lemes terus kerasanya.
dan yang pasti, berat badan bertambah muluk!!!

Nah untuk mulai olahraga ini pun berat banget.
Secara udah 3 bulan ga olahraga aja.
Jadi sekalinya mau olahraga lagi itu,
badan kayak ngasih perlawanan. >.<
Makanya kudu dipaksa banget ini untuk mau olahraga lagi.

Menghilangkan kelebihan gula dan lemak.
Melancarkan sirkulasi darah lagi.
Bikin fresh pikiran dan badan lagi.

Hyosh!!!
Olahraga sampe banjir keringaaaaatt!!!!

Leave a comment

Filed under cerita-cerita