2019 New Year

新年明けましたおめでとうございます。

昨年大変お世話になりありがとうございました。

本年もよろしくお願いします~

Kalimat yang umum diucapin sesama Jepang. Bagi mereka, tahun baru itu kayak lebarannya umat Muslim. Ada acara mudik ke kampung halaman, kumpul keluarga, 挨拶 (aisatsu/greeting), open house untuk menyambut business relatives, makan2 khas menu tahun baru, etc.

Bedanya kan kalo lebaran diawali dengan puasa, Japanis ya tidak. Dan klo hari lebaran itu kan maaf-maafan, Japanis itu mengucapkan “terima kasih untuk bimbingan/kerjasamanya tahun kemarin, dan tahun ini pun mohon bimbingan/kerjasamanya”.

Di kantor, dari 30 orang-an Japanis, yang banyak kerja bareng saya, HANYA 1 orang GM yang waktu akhir tahun kemarin bilang “Dita-san, terima kasih untuk bantuannya selama ini, dan mohon bantuannya untuk tahun depan juga”.. huhuhu, terharu akutu.. sementara GM kandung-ku (tsaah, maksudnya atasan satu divisi) baru bilang pas acara gathering tahun baru di kantor “tahun ini, yoroshikune” sambil nepuk pundak. that’s it.

Anyway, ga afdhol klo tahun baru ga ada target2an. Tahun in target saya :
(1) Merutinkan ngaji dan ma’tsurat (lagi) setiap hari
(2) Qodho puasa tahun lalu (15 hari ada kali)
(3) Makan makanan lebih sehat, ngurangin gorengan dan tepung2an; target turun 5kg
(4) Olahraga – lemah sekali semenjak lahiran anak pertama udah jarang olga, trus anak kedua blass ga olahraga. Spoiler: karena mau persiapan anak ketiga, badan harus bugar dulu nih…
(5) Anak pertama masuk KB/PAUD, bisa naik sepeda, dan berenang (?)
(6) Anak kedua udah toilet training, target umur 2thn lepas pospak
(7) Baca buku.. ddududduduu..

Di list dulu aja ya, namanya juga target tahun ini, mwihihihi.

Doakan saya yaa!

 

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, memoar jepang, saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s