6 Bulan dan BLW

Horeee, 16 Maret 2016 Miza genap 6 bulan.. Alhamdulillah, sehat selalu (walau sempet batuk pilek sih) dan makin aktif aja. Udah ga bisa diem, joget-joget gaya cacing kepanasan, hihihi. Dan yang paling Alhamdulillah, Miza bisa full Asi selama 6 bulan kemarin. Officially, he is bayi asix.. sixasix.. Semoga masih bisa nerusin ASI sampe 2 tahun nanti, Aaamiin. Kemarin Miza ditimbang BB 8,5 kg dan TB 70 cm. Kenaikannya sedikit sih, tapi kayaknya no problemo, masih semok mybigbabybalabala, ^___^

Tentu aja, udah masuk usia 6 bulan, berarti saatnya Miza mulai mamam MPASI. Karena kan ASI aja udah ga mencukupi lagi kebutuhan nutrisi dan gizinya. Semenjak Miza umur 4 bulan, saya udah riweuh nanya ibu-ibu, browsing-browsing dan baca-baca, tentang MPASI. Gimana mulainya, makanan yang bagus apa dulu, peralatan apa aja yang diperluin (udah diposting disini), dll. Cukup deg-degan soalnya bakalan sendirian mulai ngasih makan tanpa didampingi yang udah pengalaman. Tapi berdasarkan ke-sok-tahu-an dari baca-baca dan liat-liat yutub tentang MPASI, bismillaah, lets go kita mulai mamam.

PhotoGrid_1458172481674

Hasil dari browing dan baca sana-sini, yep! diputuskanlah MPASI Miza akan ber-BLW-an. Yang artinya, peralatan MPASI bulan lalu beli itu enggak perlu, ahahaha (nangis mubazir). Belum tau sih, Gakpapa deh, siaga aja alat-alat nya kalo sewaktu-waktu dibutuhin. Baby Led Weaning/BLW means, no puree dan no suap-suapin. Bayi udah diajak makan sendiri dengan makanan finger food (yang lunak dulu tentunya) yang dimakan dengan tangannya sendiri. Emaknya nyodorin dan merhatiin bayi makan aja.

Saya menetapkan akhirnya milih metode BLW, karena tertarik dengan benefit yang akan didapat (katanya). Antara lain :

  1. Anak belajar makan sendiri, mengeksplor makanan sendiri, dan mengetahui tekstur & rasa asli dari makanan.
  2. Melatih motorik dan kerjasama tangan-mulut-mata saat makan.
  3. Kedepannya, menghindari anak jadi picky eater, mengulum makanan, atau GTM (Gerakan Tutup Mulut).
  4. Anak makan sama dengan ortunya makan. Tinggal dipilih yang masih sesuai usianya dan belum gula-garam-msg-instan.
  5. Ga perlu puree/saring. Ini nih yang paling bikin tertarik. Ga terlalu repot bikin puree atau saring-saring makanan. Tinggal potong makanan dan kukus, ready to be served deh. Walau tetep aja sih akhirnya repot bebersih hasil perang makannya, heuheu.

Ada juga kekurangannya yang saya alami sendiri waktu mulai BLW :

  1. Messy. Tentunya itu makanan dilempar-lempar dan diremas-remas dulu sebelum bisa masuk mulut.
  2. Gagging. Pertama kali nyoba makan, Miza langsung keselek. Dan dia batuk-batuk untuk ngeluarin benda yang bikin keselek sampai keluarlah itu butiran makanan dan lanjut lagi mamam. Memang BLW ini bakalan sering bikin bayi keselek (gagging not choking), tapi bayi punya sistem pertahanan sendiri untuk ngeluarin hal yang bikin keseleknya. Tentunya liat Miza batuk-batuk keselek kan sebenenernya panik, tapi katanya harus tenang dan liat dulu reaksi bayi. Ternyata bayi emang cerdas loh, bisa jaga dirinya sendiri.
  3. Hanya sedikit yang kemakan. Soalnya kan banyaknya dimainin dan namanya baru makan, pastinya ga langsung nyosor dimakan semua. Takpapalah, lagipula hingga usia 1 tahun, MPASI hanyalah untuk having fun dulu.. yang utama tetep dari susu/ASI, selama BB nya tetep on track.
  4. Orang yang lebih tua hebohh.. hahaha. Pertama kali dikirimin video Miza mamam sendiri, langsung ditelfon Yangti-nya, “itu beneran makan begitu?” Sebelumnya udah saya kirimin artikel tentang BLW. Buat pengetahuan Nenek sama Yangtinya. Neneknya sih udah dikasih tau duluan waktu ke Cikarang minggu lalu, jadi ga terlalu heboh. Yangti-nya yang terkaget-kaget liat bayi 6 bulan udah ngunyah-ngunyah makanan ‘keras’. Waduh, apalagi Yangyut-nya nih :p

PhotoGrid_1458044703883

Dan inilah MPASI Miza pertama, yaitu Brokolii.. yeaayy! berhasil dicoba sedikit dan diisep-isep. Sehari masih 1x dulu dikasih MPASInya karena masih penyesuaian.

Semoga bisa sukses MPASI metode BLW ini dan Miza sehat selaluuuu.. Aaamiin.

Leave a comment

Filed under Beibi Miza, BLW 6 bulan, BLW-Indonesia, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s