Mengelola ASIP bagi Ibu Bekerja

Usia Miza sekarang udah 4,5 bulan. Kemarin baru imunisasi berulang; polio, DPT, dan Hib. Kalau polio kan ditetesin ke mulut, nah yang DPT + Hib itu disuntikin ke paha kiri Miza. Ajaibnya, imunisasi suntik kemarin Miza ga nangis. Biasanya Miza nangis setiap jarum masuk ke bagian tubuhnya itu. Ditimbang BB: 7,912kg dan TB: 64,5cm, Alhamdulillah, diperiksa semuanya sehaattt. Miza makin beurat, embull, emeesshh!

Alhamdulillah, sampai sekarang Miza masih mimik ASI. Bertekad no sufor! InsyaAllah sampai usia 2 tahun nanti. Selain ASI is the verry-merry-best food and drink for baby, sufor mihil ya buibu.. walau dengan teknologi secanggih apapun untuk nambahin kandungan gizinya, tetep ga bisa nandingin kualitas gizi ASI. Saya bersyukur sekali karena Allah kasih ASI yang mencukupi untuk Miza.. hal yang benar-benar harus selalu disyukuri..

Di kantor saya rutin pompa minimal 2x siang hari, dan 1x malem nya di rumah. Tapi sebisa mungkin 1x di pagi hari, 1x siang hari, 1x sore hari, dan 1x pas malem kalo Miza udah bobok. Kalau lagi libur dan saya di rumah, Miza nenen langsung, karena emang bagusnya kan ASI langsung.

Saya ngikutin metode “Best Practice mengelola ASIP bagi Ibu Bekerja” yang tulisannya tertempel di ruang laktasi kantor, yaitu :

Senin – Kamis

Simpanlah ASIP dalam botol-botol ASIP masing-masing dalam porsi satu kali minum (kalo saya, dalam 2 botol/330 ml-an, dicampur, hehe). Botol-botol ASIP tersebut disimpan dikulkas (suhu <4oC), jangan dibekukan. Berikan ASIP tersebut kepada bayi untuk keesokan harinya atau jika ada sisa, maksimal digunakan dalam 48 jam setelah dipompa. Jadi, ASIP hari senin, untuk mimik Miza hari selasa, dan seterusnya sampai ASIP kamis untuk mimik hari Jumat.

Jum’at

Simpanlah ASIP dalam botol-botol ASIP masing-masing dalam satu porsi satu kali minum. Simpan sekitar 1 jam di kulkas kemudian simpan di freezer. Berikan label info tanggal perah. ASIP ini untuk cadangan.

_20160122_160720

#workingmom #pejuangASI #mamasenangASImelimpah #alhamdulillah

Nah, kalo saya setiap pompa Jum’at disimpen di kantong plastik khusus ASIP seperti diatas, soalnya freezer udah penuh sama botol-botol ASIP. Pake kantong plastik ASIP lebih efisien tempat. Sesuai arahan, abis simpen kulkas di kantor, nyampe rumah ASIP jumat disimpen di freezer untuk cadangan.

Sabtu – Minggu

Susui bayi secara langsung dan tetap memerah ASI di pagi hari atau saat sudah terasa penuh namun si kecil belum ingin disusui, simpan ASIP dalam botol dan simpan dalam kulkas tanpa perlu dibekukan. ASIP ini diberikan untuk hari Senin.

Tambahan

Jika hasil perahan sabtu dan minggu tidak memadai, maka ambil dari cadangan dengan menggunakan sistem FIFO (First In First Out), ambil yang tanggal perahnya paling lama namun belum kadaluarsa. Ini berlaku jika cadangan ASIP bunda tidak banyak. Tapi kalau cadangan ASIP melimpah, gunakan sistem LIFO (Last In First Out) dengan mengambil ASIP beku terbaru agar kesegaran kadar gizi ASIP tetap paling optimal.

Prakteknya, saya selalu malass kalau mompa hari libur karena biasanya udah abis duluan dinenenin Miza langsung. Jadinya, mimik untuk Senin, saya ambil dari freezer pakai sistem FIFO.

Urusan mompa ASI ini paling enak kalau diem di kantor, karena selain bisa jadwalnya rutin, ada ruang laktasinya juga. Paling maleeesss kalo udah disuruh meeting atau ikut seminar di Jakarta. Bisa mompa paling 1x dan itu pun di toilet >.<, riweuh pokoknya. Pernah lagi ngikutin Seminar, karena saya sebagai panitianya, jadi harus selalu stenbay, belum mompa dari subuh.. Siangnya, PD udah bengkak, sampe ASI keluar basahin baju, duhduhduh,, kabur sebentar buat mompa dan baru bisa mompa maksimal setelah acara seminar selesai jam 3 sore (T______T)

Alhamdulillah, sampai sekarang ASI masih mencukupi untuk Miza dan Miza semakin sehat. Kegiatan rutin malem Senin-Kamis, abis botol-botol Miza dibersihin dan disteril, saya masukin ASI yang baru diperah hari itu untuk persiapan keesokan harinya. Sekarang Miza mimiknya 110-120ml/botol. Saya drop minimal 5 botol kalo Miza sekolah. Dan saya terus berdoa agar Allah mencukupi ASI saya buat Miza sampe nanti 2 tahun.. Aamin..

2 Comments

Filed under being a mommy, cerita-cerita

2 responses to “Mengelola ASIP bagi Ibu Bekerja

  1. O

    Mba boleh minta contact personnya ? Mau tanya” tentang ASIP nih, mau belajar. Makasih ya mba dita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s