Baby Blues

Awal baru melahirkan, saya nikmatin pergantian status jadi seorang Ibu. Beberapa ada yang nanya, “baby blues ga?”. Saya sempet mikir, baby blues itu kayak gimana sih? Biasanya saya jawab dengan santai kalau “kayaknya enggak deh..” sampai ada temen yang bilang, “jangan kecapean biar ga baby blues.”

Pernah suatu ketika saya hanya diam menatap beibi Miza yang menangis dan menangis. Ga saya apa-apain. Saya hanya menghela nafas dan terus melihat kosong Miza yang menangis semakin kencang. Apa mungkin itu baby blues?

Ada juga moment ketika badan dan pikiran sudah lelah karena kurang tidur khawatir ASI kurang, dan putting lecet sakit banget, saya seperti ga mau ngapa-ngapain. Terpikir untuk sejenak saja ga ngurusin Miza dulu.. apa mungkin itu baby blues?

Kalau udah saat-saat seperti itu, saya cepet-cepet me-reset otak lagi untuk ‘meluruskan niat’ dan mengafirmasi diri untuk menikmati semua proses ini. Menikmati setiap detiknya ketika semua berubah ketika sudah menjadi seorang ibu dan istri. Udah ga bisa me-time sepuasnya lagi. Orientasi berubah untuk kepentingan dan kemajuan suami dan anak. Karena hal itu yang bisa jadi ibadah dan bekal di akhirat nanti.

Bener juga kata temen saya itu, kalau kecapean, sepertinya gampang untuk ‘baby blues’. Kalau sekarang insyaAllah udah bisa diatasi. Alhamdulillah, Miza nenen-nya udah pinter, ga usah lama cari-cari lagi. Alhamdulillah, Putting saya juga udah sembuh. Alhamdulillah, ASI udah mencukupi Alhamdulillah, udah bisa bareng cuami lagi. Alhamdulillah, makin kenal sinyal-sinyal dari tingkah Miza. Alhamdulillah, Miza sehat dan semakin menggemaskan. Alhamdulillah, punya cuami yang mau dan belajar untuk bisa ngurus Miza. Alhamdulillah, bisa terus menikmati semua proses hidup ini. Alhamdulillah…

Tapi yang paling kerasa adalah “Bandung Blues”. Saat harus meninggalkan Bandung karena udah akan berakhir masa cuti melahirkan dan kembali ke Cikarang, huhuhu.

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, Uncategorized

Leave a Reply

