[Periksa Kehamilan 8] Detail dan Informatif

Tadinya mau cek-ap selanjutnya di Bandung aja di Dokter biasa. Abisnya kurang sreg ama DrSpoG yang di Siloam kemarin. Tapi, karena beberapa hari perut kerasa kram dan beibi heboh melulu geraknya, lalu manfaatin kartu Asuransi jadi bisa gretongan, walhasil sekarang cek-ap juga di Siloam. Udah masuk jadwalnya juga per-2 minggu, tapi kali ini nyoba DrSpoG yang berbeda.

Saya udah masuk kerja, tapi saya kira masih suasana liburan jadi sedikit yang cek-ap gitu, pas pagi hari nelfon ke RS buat daftar dulu, dapet nomor 15. Liat jadwal praktek dokternya sih udah dari jam 9 pagi, jadi nanti sore pulang kerja harusnya udah sekitaran nomor saya (malah lebih). Tapi ternyata, waktu dateng sore menjelang maghrib, baru nomor 4 -,- akgmas yang ngambil cuti jadi belum masuk kerja, dateng nyusul ke RS. Hyah, masih lama dipanggil. Mana satu pasien di dalem itu lamaaaa periksanya. Sama aja kayak dokter yang kemarin. Kami akhirnya tinggal sholat maghrib dan makan malem ngebaso dulu keluar RS. Karena masih ada 5 pasien lagi, jadi santey aja diluarnya. Kembali ke RS lagi jam setengah 8 itu pun masih nunggu 1 pasien lagi.

Akgmas udah bête lama nunggu (lagi), heuheu, sabar yaa.. pas akhirnya nama saya dipanggil, masuk ruangan, ketemu dokternya yang wong Suroboyo, ternyata worth to wait ini dokter. Jauh lebih enak daripada yang sebelumnya, lebih detail dan informatif banget. Malah sebenernya lebih enak juga daripada DrSpoG di Bandung, tapii udah dari awal sama di Bandung dan rencana lahiran juga sama DrSpoG yang di Bandung, yasudahlah ya..

Karena udah masuk trimester akhir, jadinya setelah ngobrol-ngobrol pembukaan sama dokternya, lalu langsung periksa USG. Cukup lama juga ngobrol-ngobrol pas di USG. Dokternya cukup detail ngasih informasi tentang kondisi beibi. Yang diliat sekarang, lebih ditekankan ke kondisi air ketuban, plasenta, aliran darah dari ibu ke bayi, dan ukuran bayi. Alhamdulillah, semuanya sehat.
1. Air ketuban masih bersih dan cukup.
2. Tali plasenta ga melilit dan bagus.
3. Aliran darah ibu ke bayinya bagus, artinya asupan yang saya makan itu lancar nyampe ke beibi.
4. Ukuran bayinya masih kecil untuk usia 31 minggu, beratnya 1500 gram. Walau masih direntang pertumbuhan yang baik, tapi termasuk batas bawah.

Melihat kondisi lain-lainnya bagus, berarti, kesalahan ada pada emaknya yang kurang makan bergizi yang banyak. Jadinya dokter menekankan dan mewajibkan minum susu 2x sehari, atau alternatif lain dengan makan es krim.

Ya memang sih, kemarin pas lebaran ketemu orang-orang, pada komen kalo hamilnya kecil. 7,5 bulan tapi kayak 4 bulan. Adik saya bilang kayak busung lapar -,- jadinya kalo foto pake baju gombrang dikit, kurang keliatan baby bump-nya. abisnya gimana, emang ga terlalu napsu makan. Makan sekali sehari, udah gitu baru makan dikit aja udah kenyang banget, ngemil juga jarang. Ga terlalu suka makanan manis, malah jadi eneg. Ini aja udah mending, makan pake nasi, kadang mau makan mi, biasanya ngegado lauk ama sayur doang.

Tapi demi beibi, biar mampu bersaing dengan para beibi lainnya yang akan jadi calon khalifah di muka bumi ini (kata dokternya begitu, hehe), harus dipaksain makan lebih bergizi lagi dan doping susu 2x sehari. Yatapi jangan terlalu gede juga beibinya, biar nanti bisa lahiran normal dengan lancar, insyaaAllah.. minimal 2,8 kg – maksimal 3,5 kg. Beibi tengah-tengah aja ya, 3 kg gitu.. bismillah..

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, kehamilan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s