[Periksa Kehamilan 6] Bulan ke-6 dan Bulan Ramadhan

Sepertinya belum update cerita 6 bulanan beibi. Padahal cek-ap ke dokternya udah dari tgl 1 Juni kemarin, heuheu. Serangkaian abis dari Family Gathering kantor cuami, ke Puncak, lanjut ke Bandung yang emang udah jadwalnya cek-ap.

Sekalian menjelang bulan Ramadhan, mau nanya ke dokternya apa bisa puasa atau ketentuannya gimana. Jadwal cek-ap malem hari di tempat praktek drSpog di apotek KF, karena kami juga baru dateng mBandung setelah Muncak itu sore hariūüėÄ

Alhamdulillah, seperti biasa, waktu cek-ap beibinya sehat dan aktif. Sama dokter diliatin USG 3D, biasanya kan 2D samar-samar aja. Terharu dan seneng banget liatnya. Semua keliatan, kakinya, tangannya, kepalanya, sampe idungnya yang mancung juga keliatan lebih jelas dibanding USG 2D biasa. Lalu, karena udah masuk bulan ke-6 dan saya belum suntik Tetanus, jadi sama dokter sekalian saya diinjeksi jarum Tetanus. Ditambah suplemen vitaminnya yang untuk zat besi, kalsium, plus DHA (kayak minyak ikan gitu).

Waktu nanya ke dokter perihal puasa, dokternya bilang “puasa aja”. Kalo lemes-lemes dikit, pusing-pusing dikit, wajar karena lagi puasa. Kecuali kalo udah mau pingsan, baru deh silakan berbuka. Dokternya megang prinsip yang bagi Ibu Hamil itu setelah 2 tahun tetap aja seharusnya kena meng-Qadha puasa wajib, walau sudah bayar fidyah juga.

Dan Alhamdulillah, 2 minggu ini saya full puasa, belum bolong (jangan sampe, bismillaahh). Ga ada gejala-gejala yang darurat. Pusing sih, tapi malah lebih ringan daripada pusing biasanya. Makin kesini, kerasa makin seger puasanya walau tetep kerja seharian. Yang emejing, beibinya malah aktif banget geraknya. Bisa seharian terus gerak-gerak nendang-ninju perut. Entah kelaperan, entah ruang geraknya jadi luas karena ga sesak makanan #loh, hihihi. Tapi pergerakannya lebih kerasa banget daripada biasanya.

Jadi, sebenernya asal diniatkan dan diikhtiarkan, Ibu hamil bisa kok puasa. Tetep tergantung sikon si Ibu sih.. alhamdulillah, bulan Ramadhan ini pas banget masuk bulan ke-6 kehamilan. Soalnya udah lewat masa-masa perjuangan adaptasi tubuh di 4 bulan awal, dan belum masuk masa-masa semakin berat di bulan-bulan akhir. Badan udah enakan, jadi bisa lancar berpuasa, Alhamdulillah.

Ga kebayang kalo dapet Ramadhan pas di awal-awal hamil. Lagi meriang, pusing hebat, malas luar biasa.. paling kasian nanti akgmas. Ga disiapin sahur ama dinner seadanya, ehehehe. Sekarang kan udah rajin masak-memasak buat sahur dan dinner. Walau rasanya masih berlebihan, kalo ga keasinan, ya hambar, huhuhu.

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, kehamilan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s