Makan ini Saat Hamil, Mitos atau Fakta?

Banyak mitos, entah fakta, yang beredar di kalangan masyarakat Indonesia seputar kehamilan. Kalau tentang nutrisi, do’s and dont’s sih udah banyak yang bahas yak. Kalo ini tentang hal-hal yang biar si beibi begini begitu. Ada beberapa yang udah sering saya denger dari semenjak saya gadis tingting, sampe sekarang bertambah yang aneh-aneh pas lagi berisi beibi ini.

Misalnya :

1. Kalau kulit anaknya mau putih, rajin minum sari kedelai.
Pertama kali tentang ini saya denger dari apatomate saya waktu di Jepang. Kulit dia kan putih, katanya waktu dia dikandung, emaknya rajin minum sari kedelai. Nah, waktu sekarang saya gugling, ternyata minum terlalu sering sari kedelai ga bagus ketika hamil muda. tapi kandungan protein dan asam folatnya bagus juga pada saat kehamilan, selengkapnya bisa dibaca disini. Ada juga yang bilang karena sari kedelai bisa mempengaruhi hormon estrogen, jadi kalo janin beibinya laki-laki, bisa kemayu nantinya, kata forum ini. Di kantor enak sih ada yang tiap hari jual sari kedelai fresh, tapi kayaknya yang proporsional aja kali ya konsumsinya, jangan berlebihan. Demi mencukupi nutrisinya aja.

2. (Adalagi yang bilang) kalau kulit anaknya mau putih, makan jeruk 1 kg sehari.
Ini saya denger dari salah seorang Ibu di kantor baru-baru ini. Wott? sehari 1 kg?? ya walaupun paling 1 kg isinya 6-7 biji jeruk sih. Ga paham kenapa keluar pernyataan si 1 kg Jeruk ini. Mungkin karena Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi yang bisa mencerahkan kulit kali yak. Biasanya kan serum wajah kandungannya vitamin C, loh Saya masih proporsional aja nanggapinnya. Emang suka Jeruk juga, tapi sekarang lebih suka yang diperas/dijus. Lebih seger langsung glekglek. Manfaatnya ya buat nutrisi vitamin C.

3. Kalau rambut anaknya mau lebat, rajin minum jus alpukat.
Ini saya denger juga dari salah satu Ibu (yang berbeda) di kantor. Yang saya tau sih Alpukat kandungan asam folatnya tinggi, jadi bagus untuk pertumbuhan janin beibi. Kalau biar rambutnya tebel, saya baru denger. Sebenernya saya bukan peminat Alpukat, baik dijus atau dimakan langsung. Tapi karena demi beibi yang perlu banyak asupan asam folat, baru sekarang-sekarang ini saya mencoba rajin minum jus Alpukat. Enak sih, jadi cepet penuh perutnya, jadi ga usah makan berat lagi, hihi.

4. Kalau kulit anaknya mau bersih, rajin minum air kelapa.
Ini termasuk yang sering saya denger. Kalau air kelapa bisa bikin air ketuban bersih yang berefek pada kulit bayi jadi bersih juga. Saya memang peminat air kelapa. Selain seger, kalo perut agak bermasalah, saya lebih suka dinetralisir sama air kelapa murni. Cukup rajin saya konsumsi air kelapa, bahkan bisa setiap hari. Kadang saya campur dengan perasan Jeruk juga. Jadi manfaat Jeruk dan air Kelapa ada di satu gelas, huehuehue.

Belum tau apa semua itu memang bener atau hanya gosip aja. Saya mah tetep makan dan minum sesuai kebutuhan, ga keukeuh banget karena pengen anaknya ini itu. Yang penting sehaatt!

Ada yang tau lagi apa yang kira-kira ‘aneh’ di kalangan masyarakat buat yang lagi hamil ?

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, kehamilan

Leave a Reply

