Lebaran 1435 H

Selamat Hari Raya Idul Fitri.
1 Syawal 1435 H, 28 Juli 2014.
Taqabballahu minna wa minkum.
Minal aidzhin wal faidzhin
, Mohon maaf lahir dan bathin.

Duh, telat amat yak, heuheu. Tapi masih bulan Syawal, masih aroma-aroma lebaran lah yaa. Di kantor aja masih banyak oleh-oleh dari yang mudik atau kue-kue kering lebaran yang belum abis.
Lebaran tahun ini bisa dibilang paling menyenangkan. Selain keputusan pemerintah sama lagi dengan keputusan organisasi Islam lainnya, selama hari ke-1 sampe seminggu libur lebaran, rumah selalu rame dengan kedatangan sodara-sodara dari luar kota yang sengaja pengen lebaran sekalian liburan di Bandung. Jadi di rumah kayak open house. Tetangga, kerabat, dan saudara-saudara banyak dateng bersilaturahim.

Sodara dari Bogor dan BSD, yang udah nambah bawa istri/suami dan anak-anak, makin nambah banyak kuantitas sodara yang dateng. Paling seru kalau malem terserah aja mau tidur dimana. Di sofa ruang tamu dan ruang tivi, pasang kasur juga depan tivi, kamar-kamar jelas udah penuh, sampe parkiran depan rumah aja semuanya diinvasi sama mobil-mobil sodara (maaf ya tetangga). Makanan di meja makan dan meja r. tamu selalu terhidang dan habis. Makan bareng sambil ngobrol-ngobrol, cerita-cerita, becanda-becanda. Apalagi ada tambahan baby yang jadi ‘mainan’ bersama.

Hari pertama silaturahim ke kakak-kakak ayah di Ciwaruga, yang sekalian semua kumpul disana untuk arisan keluarga dan ada acara nonton video jaman kami 18-19 tahun yang lalu. Hari kedua, silaturahim ke kakak mamah yang dateng dari Belitung, lebaran di rumah anaknya di Cijambe. Hari ketiga jalan-jalan ke Floating Market dan sekitarnya sampe sore. Hari keempat, udah mulai pada pulang sih, tapi sodara-sodara yang di Bandung masih dateng ke rumah. Ada dinner perdana halal bihalal dari keluarga Kircon. Sampe hari sabtu, rumah masih terbuka untuk sodara-sodara dari ayah atau mamah yang dateng silaturahim. Ayah ama mamah bukan anak tertua, tapi entah kenapa tahun ini, sodara-sodara yang lebih tua malah sengaja pengen dateng ke rumah, silaturahim sekalian main. Hari terakhir libur, hari minggu, giliran saya yang dianter ke Cikarang, sekalian silaturahim ke sodara yang tinggal di Bekasi. Pokoknya lebaran kali ini full rame kumpul dengan banyak sodara.

Yang terucap selalu ‘Alhamdulillah’. Ketika rumah ribut dengan suara-suara yang jarang terdengar, makanan selalu habis, tapi selalu ada lagi aja yang ngasih, salam-salaman sekalian berbagi amplop yang hanya jadi tradisi setahun sekali. Alhamdulillah, banyak silaturahim, mengumpulkan banyak doa, menambah kebahagiaan, dan rezeki.

Tapi ada beberapa tradisi yang ga dilakuin tahun ini:
1. Silaturahim ke Cibolerang. Ini ke rumah kakak mamah yang pertama. Keluarga besaarr dengan anak-anaknya yang banyak, biasa selalu berkumpul di Cibolerang. Tapi kali ini, karena kakak mamah tersebut udah meninggal dunia, jadinya mamah ga ada jadwal silaturahim ke Cibolerang. Malah anak-anaknya, keponakan mamah, yang jadinya dateng ke rumah.
2. Ga bikin kue kering lebaran. Pertama kalinya loohh. Biasanya selalu bikin, walau hanya setoples setiap jenisnya. Tapi tahun ini, kue-kue kering semua beli, huhuhu. Abisnya mamah ga mau repot juga. Malem i’tikaf, siang kerja, jadinya ga ada waktu bikin kue. Adik-adik mah kalau ga ada yang ngajak, ga akan mau. Lah saya, baru pulang 2 hari sebelum Lebaran, dan sama-sama lagi ga ada mood untuk bikin kue. Yasudah, tahun ini bener-bener ga bikin kue sendiri.
3. Mudik lebaran. Hmm, semenjak 2010 kan saya ngerasain mudik lebaran dari perantauan nun jauh disana, malah 2x lebaran ga pulang (tahun 2010 dan 2012). Kali ini, tiap minggu juga mudik, hihi.

Semoga lebaran tahun-tahun berikutnya juga selalu dipenuhi dengan hiruk pikuk keseruan berkumpul silaturahim dengan sodara dan kerabat. Tentunya setelah satu bulan puasa dengan ibadah yang maksimal juga.

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s