Sahur, Sahur

Selama beberapa tahun yang lalu, ketika bulan Ramadhan jauh dari keluarga, alhamdulillah saya ga pernah bablas ketinggalan sahur. 3 kali puasa di Jepang, sahur jam 2:00-2:30 ketika summmer, atau waktu di Pasuruan yang letaknya lebih timur jadi subuh lebih cepet setengah jam daripada wilayah barat, full Ramadhan selalu sahur.

Tapi, Ramadhan kali ini di Cikarang, udah 2x berturut-turut bablas ketinggalan sahur. Bangunnya pas qomat. Bahkan minum seteguk aja udah ga bisa. Rasanya, tentu saja serreett dan seharian lemes banget. Lalu saya introspeksi, karena saya selalu berpikir kalau sahur itu kan dibangunin Allah, kayaknya saya ada buat salah sampe Allah ga bangunin saya sahur.

Introspeksi ga sahur pertama, sepertinya karena terlalu memforsir kegiatan sehabis maghrib. Bukan ke mesjid untuk tarawih, tapi ada kegiatan lainnya yang sedang jadi hobi. Kalau udah ngelakuin hobi ini, baru pulang ke kosan jam setengah10, baru deh tarawih sendirian. Tapi, saya pernah berazzam, kalau gaar-gara hobi baru saya ini di bulan Ramadhan sampe ga sahur, saya ga akan ikutan lagi. Dan memang benar, kali ke-3 nya saya kecapean sampe ga sahur. Okelah, saya ga akan ikutan lagi.

Introspeksi ga sahur kedua, mungkin karena setelah kegiatan seharian yang malah jalan-jalan di mall. Sholat dzuhur, ashar, dan maghribnya jadi kurang bener (well, masih belum bener juga sih setiap sholatnya). Entahlah, apapun alasannya, yang saya yakinin karena saya banyak buat salah di hari itu. Makanya Allah ga bangunin saya sahur.

Yang bisa saya lakuin kalo udah kebablasan gitu, mohon ampun, lalu berdoa “laa ilaaha illa anta, subhaanaka innii kuntu minadzhoolimiin”
Do’a Nabi Yunus, ‘Tidak ada TUhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya hamba mendzholimi diri hamba sendiri’. Alhamdulillah, hari berikutnya udah dibangunin sahur lagi (tapi jaga-jaga, bilang ke orang rumah buat nelfon saya setiap sahur, hehe).

Semoga ga ngelakuin hal-hal yang menomorduakan ibadah di bulan Ramadhan ini.

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s