Work to Karimun Jawa (1)

Ke Karimun Jawa ini bukan dalam rangka liburan buat main di pantai apalagi snorkeling (Believe me, ga ada waktu untuk itu semua). Tapi untuk ‘kerja’ membantu teknisi Jepang dalam instalasi LED Solar Container. Di bawah Departemen Energi Panasonic Jepang dan Indonesia, punya project CSR (yang kedepannya untuk bisnis di bidang Solar System sih) di daerah-daerah yang membutuhkan listrik. Singkat cerita, karena saya pun diminta bantuannya ditengah-tengah project, dipilihlah Karimun Jawa sebagai tempat untuk instalasi kontainer tenaga surya karena memang pulau Karimun Jawa belum mendapat supply listrik dari PLN. Kegiatan pengiriman material kontainer, panel surya, data logger, dlsb., langsung dari Jepang sampai di Karimun udah dari beberapa bulan lalu. Nah, bulan Juni ini untuk instalasi total hingga beres yang dikerjain langsung oleh para enjiner dari Jepang. Pertengahan bulan Juli depan (lagi bulan puasa booo!) adalah ceremony resmi untuk penyalaan listrik di SD Karimun Jawa 01 yang dihadiri oleh Presdir Panasonic Jepang pusat, Pak R. Gobel, Bupati Jepara, dan petinggi-petinggi terkait lainnya. Tugas saya… pokoknya bantuin Direktur Energi Panasonic disini deh😀

Kamis, 19 Juni 2014
Hari pertama berangkat dari Cikarang jam 7 pagi dianter mobil kantor. Sampe di Bandara Soekarno-Hatta jam 8:30, cukup cepet dan harus nunggu lumayan lama karena jadwal flight ke Semarang masih jam 11:55 dan baru janjian dengan Yao san (direktur Energi Panasonic ES Ina) jam 11 di gate. Jadinya jalan-jalan muterin terminal 2, duduk-duduk sok sibuk mainin hape sambil beli sarapan, ke mushola dhuha-an dulu, jalan-jalan lagi, duduk-duduk lagi, sampe tibalah jam 11. Setelah ketemu Yao san, yang bareng Tanaka san (Presdir Energi Panasonic ES Jpn) dan Urakawa san (GM QA Energi Panasonic ES Jpn), kami menunggu untuk masuk pesawat. Tapi, tingtongtingtong, pengumuman kalo flight kami delay 35 menit. Kompensasinya, kami dikasih snack dari maskapai-nya selagi menunggu pesawat datang.

Jam 12:35 kami baru masuk pesawat, perjalanan kurang dari sejam sudah sampai bandara Achmad Yani, Semarang, dan mobil jemputan sudah menunggu. Jadwal berikutnya adalah berkunjung ke kantor konstruksi kontainer. Tetapi, karena pesawat delay, jalanan macet, dan ada janji meeting dengan salah satu pejabat kota Jepara (yang lebih diprioritasin) pada sore harinya, maka diputuskanlah ga jadi ke kantor konstruksi tersebut. Perjalanan Semarang-Jepara lewat jalur Demak seharusnya 2-2,5 jam, tapi karena muacceett ada perbaikan jalan, jadinya perjalanan ditempuh selama 4 jam. Ditengah jalan sempet berhenti untuk istirahat sebentar beli minum dan snack (ga sempet lunchy2)lalu melanjutkan perjalanan. Jam 17:30 kami sampai di Jepara Indah Hotel, tempat kami menginap dan meeting, telat 30 menit dari janjian dengan orang kantor Jepara tersebut. Karena si beliau mau ada meeting lagi abis maghrib, jadinya kami hanya sempat ngobrol sebentar 15 menit untuk berkenalan dan ngasih oleh-oleh dari Jepang. Setelah beliau pamitan pergi, kami check in kamar (Fyi, harga deluxe room IDR 395,000 dan suite room IDR 475,000) lalu janjian kumpul lagi jam 18:30 untuk dinner.

Dinner di Jepara bisa nutupin kurangnya sarapan dan ga makan siang dengan benar (karena dikasih snack doang pas delay dan di dalam pesawat). Kami makan di salah satu resto menu Thailand dan Western (padahal maunya seafood) dengan pemandangan laut. Makanannya ga ngecewain, enak dan bervariasi karena pesennya untuk dimakan bareng-bareng, pelayanannya baik, dan penyajiannya cepet. Untuk menu Thailand dipesan salad in pineapple boat, green curry, dan pad thai. Menu westernnya dipesan grilled fish dengan mashed potatoes, steak iga dengan butter rice, French fries, dan shrimp fries. Saya pesan minum jus stroberi, yang lain jus jeruk dan (tentu saja) bir. Last but not least, dessertnya various ice cream flavors, nomnomnom. Sambil makan, sambil ngobrol-ngobrol santay. Kenyaang, puas, apalagi saya dibayarin, hihihi. Jam 21:00 kami keluar resto dan kembali ke hotel untuk istirahat.