[31/31] Why I Blog

(Waa.. the last theme of this challenge)

Pertama kali bikin blog di WordPress ini karena alasan standar, ngikut trend. Temen-temen yang lain pada punya blog, mereka sering cerita/curhat di blog. Jadi sekalian untuk tau kondisi update mereka, dan kondisi saya juga, maka saya buat blog. Sharing informasi apapun, cerita tentang apapun, komentar apapun, bisa semua dipantau di blog. Sempet pindah di multiply, karena temen-temen juga banyaknya di multiply. Tapi karena udah ditutup (dan isinya juga kenangan yang harus dilupakan, haha), jadi kembali lagi ke WordPress.

I found that a Blog as a frienemy of mine. It can be my friend or an enemy at the same time. Blog mulai sangat kerasa manfaat baiknya ketika saya di Jepang. Cerita pengalaman, kegiatan, hal-hal yang baru, sampai sampah otak super ga penting semuanya bisa saya tulis di Blog. Ada yang bilang, Tulisan adalah kata-kata kesepian. Dan ketika saya sendiri dan sepi, teman saya adalah blog dengan menulis. Tapi, pernah juga blog kasih pengaruh buruk pada saya. Blog bisa juga jadi sesuatu yang ‘berbahaya’. Ketika kesal atau marah yang ga bisa dikeluarkan oleh lisan, bisa membludak di tulisan. Yang paling berbahaya, ketika saya membaca blog orang lain, kadang ga dicerna dulu, bisa dengan mudahnya saya terpengaruh dengan opininya.

Semakin kesini, semakin merasa kalau dengan menulis, saya bisa bebas berekspresi apapun yang saya mau. Dulu masih suka mikir pendapat orang dengan apa yang saya tulis di Blog. Masih suka memilah-milih kata dan kalimat. Masih suka memfilter cerita. Masih khawatir gimana pikiran orang setelah baca blog saya. Tapi sekarang, ketika menulis, hampir saya ga peduli dengan apa yang akan dipikirin orang lain. Blog gue ini, ya semau gue mau nulis apaan. Ga suka ya ga usah dibaca, gue nulis untuk kenang-kenangan gue sendiri ini, begitu pikir saya sekarang. Sudah terlalu capek kalau apa-apa yang ingin dilakukan/ditulis tapi harus mikir dulu “menurut pendapat orang lain gimana yaa?”, yang bahkan sepertinya orang lain ga akan capek-capek mikirin isi blog saya, haha.

So,
Why I blog? Because I want to tell the stories
. Saya suka bercerita (walau lebih suka dengerin cerita sih). Kadang ingin juga saya bercerita pengalaman yang udah saya lalui, di hari itu atau setelah ada kejadian di luar kebiasaan. Kadang curhat yang ga bisa diceritain langsung ke keluarga atau temen-temen deket (kecuali kalo udah ada suami, ceritanya bisa bebas ke suami aja, hihi). Kalau udah ingin cerita dan blog sebagai satu-satunya sarana yang mau menampung, ya saya akan cerita dengan bebasnya.

Why I Blog? Because I want to share the experiences. Pengalaman traveling, cooking/baking, ketemu orang hebat, dapet wejangan/ilmu yang bagus, dll. Pengalaman yang ingin dibagi juga kepada yang lain. Karena kebaikan akan belipat pahalanya jika disebar. Siapa tau dari pengalaman-pengalaman yang saya share bisa membantu orang lain juga.

Why I blog? Because I want to collect the memories. Kejadian-kejadian, baik yang dijalanin atau dirasain, ketika dituliskan lagi, suatu saat bisa saya kembali baca dan jadi bahan renungan. Jaman dulu saya orangnya begini, jaman sekarang saya begini. Ada perubahan lebih baik kah, atau malah memburuk kah. Gaya tulisan saya dulu begitu, sekarang begini. Apa aja sih yang udah pernah saya alami. Semua hal itu kadang ingin saya simpan dan bisa jadi bahan bacaan ringan ketika saya 5 thn, 10 thn, 15 thn lagi (kalau ada umurnya dan blognya masih eksis loh).

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, saya

Leave a Reply

