Hati-Hati Yaa!

A : “Pergi dulu yaa”
B : “Hati-hati yaa”

Udah ga aneh kan penggunaan kata “hati-hati yaa” setiap kita mau pisah sama orang atau ada yang pamitan. Seperti reflek aja itu padanan kata “hati-hati yaa” keluar dari mulut kita. Hanya sebatas ritual dan jadi kebiasaan yang gak dipahami artinya.

Bener kan? Kalau kata “hati-hati yaa” hanya diucapkan saja untuk membalas orang yang pamitan sama kita. Sama juga dengan orang yang dikatain “hati-hati yaa”-nya. Hanya dijadikan kata selewat dan pengakuan kalau pamitan kita itu dijawab oleh lawan bicara. Setelah pisah ga peduli kan kita memang berhati-hati atau tidak. Berjalan sesuai inginnya kita. Padahal kalau sungguh-sungguh dikatakan sebagai pesan, menyuruh yang berpamitan agar berhati-hati selama di perjalanan, biar meminimalisir bahaya.

Saya juga begitu. Suka mengucapkan “hati-hati yaa” sama orang yang pamitan. Dan hanya dijadikan sekedar kata balasan yang langsung keluar telinga kalau ada yang bilang “hati-hati yaa”. Toh kenyataannya saya ga aware dengan cara saya bergerak selama di perjalanan.

Mungkin saat ini, aksi-reaksi dari cara berpamitan menggunakan kata “hati-hati yaa” itu udah jadi budaya dan kebiasaan. Karena kata itu adalah baik, ya ga masalah sih. Hanya maknanya saja yang jadi kosong.

Untuk itu, saya sih sekarang sebisa mungkin membiasakan ga pake kata “hati-hati yaa” ke orang yang pamitan. Soalnya ngerasa ga guna karena orang tersebut juga ga menerapkan himbauan saya untuk berhati-hati. Saya sekarang lagi suka menggunakan pola kata “semoga lancar”. Karena saya jadikan doa untuk mereka yang berpamitan agar lancar dijalan.

Kalau ngedoain kan jadinya ga perlu ada harapan orang tersebut harus ngejalanin kata-kata perpisahan dari kita. Lebih berguna juga karena mendoakan untuk kelancaran, siapa tau bisa sekalian berpahala.

Leave a comment

Filed under cerita-cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s