Stand Up Comedy

Sabtu malam, 31 Agustus 2013, pertama kalinya saya nonton stand up comedy secara langsung di ITS, bersama gadis-gadis Surabaya (luli and the genk). Biasalah, kalau ada ajakan ketika wiken dan saya available (yang memang selalu available, haha), saya langsung mengiyakan. Apalagi kalau jalan-jalannya bareng temen-temen asik yang udah kenal dan cukup deket. Sekalian sih dengan bayangan siapa tau bakalan ketawa-ketiwi ngakak gitu denger lelucon langsung. Lumayan kan buat olahraga rahang.

standup banner

Karena acaranya itu baru mulai jam 7 malam, jadi dari Bangil saya naik kereta ke Surabaya yang pukul 13.27. Tapi yaaa, itu kereta baru dateng 15.30 doong! ga kira-kira itu telatnya. Sampai lepek lagi ini badan, padahal sebelum berangkat ke stasiun udah mandi seger dulu. Karena se-kereta dengan Luli tapi beda gerbong, jadi pas turun di stasiun Wonokromo, bisa langsung ketemu dan ambil motor di parkiran stasiun dengan tujuan awal adalah kosan Luli. Kami bakalan di jemput sama Corry dan Dipha disana setelah maghrib.

Abis dijemput, kami semua langsung menuju balai pertemuan ITS. Ternyata acaranya udah mulai, karena udah rame dan bising dengan microphone dan ketawa-ketawa manusia. Tiket udah dibeli secara online jauh-jauh hari sebelumnya. Dapet tiket Festival seharga Rp 60.000, tapi karena dateng telat, jadinya dapet duduk paling belakang. Sebelum acara utama bersama para pengisi Republik Komedia, sesi awal diisi oleh para stand up comedian pemula dari ITS. Mungkin karena sound sytemnya atau mungkin karena telinga saya ga sensitif, jadinya ga terlalu jelas apa yang mereka omongin. Orang-orang ketawa, saya cuman bengong -,-

Pkl 20.00 akhirnya sesi untuk kru Republik Komedi. Saya ga pernah nonton Stand Up Comedy dimana pun, di TV sekalipun, jadinya baru tau kalau ada artis stand up comedy. Mereka adalah: Topenk, Kemal Palevi, Ge Pamungkas, Muhadkly Acho, dan Pandji Pamungkas. Masing-masing mengisi perform mereka selama 30 menit. Masing-masing punya style ngebodor sendiri-sendiri, yang 3 performer awal ga sampe bisa bikin saya ketawa lepas. Tapi ada 1 performer, Acho, yang sukses bikin saya ngakak di last minutes performance-nya. Untuk main core-nya, Pandji, sorry to say, tapi biasa banget. Malah saya lebih asik whatsapan denger curhatan temen daripada merhatiin banyolan dia.

Entah karena selera humor saya tinggi atau karena topik mereka itu yang garing dan bikin ga ngerti. Saya lebih memilih untuk tidur di sela-sela omongan mereka. Karena ternyata ‘Stand Up Comedy’ off air itu lebih mengusung tema SARA, kata-kata vulgar, dan porno. Yang mungkin untuk sebagian pendengarnya menikmati dan memang lucu. Buat saya, BIG NO! malah malesin dengernya dan mengernyitkan dahi. Kecewa juga dengan isi acara tersebut. Hanya performer Acho aja yang sangat sedikit vulgarnya, intonasi suara yang jelas dan tegas, dan isi ceritanya bisa buat saya ketawa sampai keluar air mata.

standup sesi
[Udah bubaran dan para performernya lagi kumpul buat foto-foto]

‘Stand Up Comedy’ itu yang saya tau awalnya dari negeri barat sono. Dimana ada 1 orang yang perform di depan banyak penonton dan mulai bicara melucu hingga membuat penontonnya terhibur ketawa. Saya pernah nonton konsepnya di acara ‘Spongebob Squarepants’, hehe. Di Indonesia sendiri baru booming akhir-akhir tahun ini. Yang kalo ga salah mulai dipopulerin dari project-nya Raditya Dika. Konsepnya sama, 1 orang berbicara dengan berbagai tema cerita dalam 1 sesi-nya. Gimana caranya itu cerita bisa jadi hal lucu yang bikin pendengar ketawa. Saya sendiri lebih suka denger langsung bodoran yang lahir spontan ketika kumpul dengan temen-temen. Tapi jadi pengalaman dan bisa bikin opini untuk acara ‘Stand Up Comedy’.

Setelah acara stand up selesai, karena belum pada makan malem, kami semua menuju resto siap saji, McD, yang paling deket kampus. Dan melewatkan hari sabtu malam dengan ngobrol-ngobrol menghitung jumlah gebetan masing-masing selama kuliah hingga sekarang, hihi. Malah lebih berkesan denger obrolan mereka daripada denger stand up comedy. Alwasy fun with you gals😉

Leave a comment

Filed under event

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s