JOGYES! (1) Gua Pindul, Sungai Oyo

Cerita traveling wiken ini langsung menuju lintas provinsi.
Sekitaran sebulan lalu, ada ajakan ke Gua Pindul, Gn. Kidul, Jogja dari temen-temen ISD.
Kebetulan ga lama sebelumnya saya sempet liat foto IG di instagram tentang Gua Pindul. Dan itu cukup stunning. Tanpa pikir panjang yasudah saya mengiyakan untuk ikutan backpackeran ke Jogja ini.

Jumat, 21 Juni 2013
Berdasarkan rencana awal, keberangkatan menuju Jogja menggunakan bus dari Terminal Bungur Asih (Surabaya).
Abis pulang kerja jam setengahg 5 sore, sebagian temen-temen udah langsung menuju rumah/kosan masing-masing untuk packing dan siap-siap.
Saya masih harus ngerjain tugas dulu, jadi baru bisa balik kosan jam 6 sore.
Yang ga jelas adalah MbaIv, yang salah ngerjain tugas dan harus kebut ngerjain tugas yang baru karena itu tugas harus disubmit hari ini juga.

Kami harus berkumpul jam 8 malem di stasiun, karena ke Bungur asihnya nebeng temen yang sekalian pulang ke Surabaya.
Tapi ternyata, karena sampe jam 8 itu MbaIv masih di kantor ngerjain tugas, akhirnya kami duluan berangkat ke Bungur dan MbaIv nyusul naik bus.

Jalanan menuju Surabaya kalo wiken gini pasti macet. Jadinya estimasi sejam sampai, ngaret setengah jam. Setengah 10 malam kami sampai di Bungur.
Setelah di drop, kami menuju tempat tunggu. Dengan rencana mau ke Garasi Bus Eka/Mira langsung, tapi setelah ada konfirmasi MbaIv udah naik bus dari Bangil menuju Bungur.

Akhirnya setelah jalan-jalan dari depan sampe belakang, balik lagi ke depan Terminal untuk nebeng Bus yang mau ke Garasi, yang duluan dateng itu MbaIv.
Setelah semuanya kumpul, kami langsung dapet juga Bus menuju Jogja, tapi ga sesuai rencana. Rencananya kami mau naik bus Eka, karena eksekutif kursinya nyaman dan ada berhenti istirahat untuk makannya.
Tapi karena buru-buru, jadinya kami naik Bus Mira yang pertama kali dateng ke terminal, tarif ekonomi yang bikin pegel sebadan-badan dengan perjalanan 8 jam.
Bayar tiket on the spot Rp 38.000, dengan harga setengahnya dari budget naik Bus Eka.

Perjalanan naik bus ekonomi berjam-jam buat saya kurang rekomended, kecuali sangat-sangat tahan dengan kursi keras dan ugal-ugalannya.
Jam 6 pagi, sampailah kami di Terminal Giwangan, Jogja.

Sabtu, 22 Juni 2013
Sesampainya di Giwangan, kami istirahat mengendurkan sendi-sendi sekalian ke toilet dan ngehubungin mobil yang kami rental untuk seharian ini.
Kami minta dijemput jam setengah 8, karena mau cari sarapan dan penginapan dulu sebelum langsung menuju Gua Pindul, Gn. Kidul.

Setelah mobil datang untuk menjemput, kami menyerahkan sepenuhnya ke supir mobil, yang mana adalah temennya Pakdj waktu di Batam, untuk cari sarapan.
Putar-putar Jogja sebentar, lalu kami diantar ke warung makan deket alun-alun kidul.
Saatnya sarapan di Jogja dengan bacem (tapi bukan gudeg).

Minuman yang paling saya suka: Wedang Uwuh.
Minuman Jahe, dengan banyak rempah-rempah (batang secang, cengkeh, kayu manis, daun salam, dan daun-daun lainnya)

Abis sarapan, kami foto-foto sebentar di alun-alun kidul, diantara Pohon misterius itu loh.
Sebentar aja, karena kami harus ngejar waktu ke Gua Pindulnya biar ga kesiangan.
Tapi sebelumnya kami harus cari penginapan dulu. Soalnya selama kemarin-kemarin mau booking, pasti penuh mulu. Pas dengan liburan sekolah sih.
Kami minta cari di daerah malioboro, biar enak jalan-jalannya gitu.
Beberapa penginapan kami singgah dan tanya, udah penuh semua.
Akhirnya dapet juga penginapan di deket bakpia 25, dengan rate yang murah.
Satu kamar, kamar mandi dalam, AC & TV, 2 large bed, seharga Rp 310.000.
Karena hanya itu yang available dan murah, kami langsung booking.
Satu kamar untuk ber-6. Bareng sama cowo-cowonya sih, tapi ga kepikiran juga untuk tidur, karena malah berencana untuk menghabiskan malam sambil kopi Joss atau midnight nonton Superman, hihi.

Abis turunin barang-barang, ganti baju untuk beraksi basah-basahan, kami ke mobil dan langsung menuju Gua Pindul.
Perjalanan lumayan jauh, 40 km-an. Jadi selama perjalanan bisa tidur dulu. Tapi pemandangan sepanjang jalan masuk Gn. Kidul itu bagus, sayang kalau ga dinikmatin.

Pas mendekati jam 12 siang, kami tiba di pusat wisata Gua Pindul.
Kami harus daftar dulu, ikut paket wisata yang mana dan bayar.
Kami pilih wisata Gua PIndul (Rp 30.000) dan rafting di Sungai Oyo, track panjang (Rp 45.000).
Walau yang dateng udah rame, sampe berbus-bus, tapi kami bisa langsung menuju lokasi.

Jalan sebentar, kami ambil ban GEDE untuk nanti kami naik masing-masing, kami bawa ke lokasi Gua Pindul.
Lumayan buat pemanasan ngelatih otot tangan, wkwkwk.

Sampai di lokasi Gua Pindul, kami brifing dengan pemandunya, dan berdoa.
Lalu satu per satu kami turun ke sungai dan duduk diatas ban masing-masing.
Satu grup saling pegang ban kawan di sampingnya, biar ga kepisah.

Selamat masuk ke Gua PIndul, wisata penelusuran sungai dengan pemandangan batu-batu alam stalaktit dan stalagmit.
Sayangnya, kamera anti air Pakdj berembun parah, jadinya foto-fotonya kurang pol ;(

Perjalanan 300 m di sungai bawah Gua itu sambil mendengarkan cerita pemandunya tentang sejarah Gua Pindul.
Saya kurang merhatiin sih, karena ga kedengeran juga, hihi.
Sekitar 30 menit kemudian, kami tiba di ujung Gua. Tapi perjalanan kami belum selesai.
Next destination is semi-rafting di track panjang Sungai Oyo.

Menuju SUngai Oyo, kami keluar area Gua Pindul, naik jeep terbuka.
Perjalanan darat 20 menitan, kami sampai di pinggir sungai Oyo.
Bersiap untuk menikmati arus sungai yang ga terlalu deras, diatas ban.

Tracknya memang panjaaaang. Kami santay banget serasa di pantay. Pokoknya cukup bikin enjoy.
Walau arusnya ga deras sih, jadi kurang unsur peningkatan adrenalin-nya.
Kami sempet istirahat di air terjunnya, foto-foto, dan loncat-loncat dari tebing ke sungai.
Lalu melanjutkan penyusuran sungai, pokoknya tau-tau udah akhir perjalanan.
Lalu kami dijemput jeep lagi menuju tempat awal mobil parkir, dan barulah bener-bener berakhir wisata di kawasan Gn.Kidul ini.

Setelah itu kami bersih-bersih, mandi, dan bersiap untuk menikmati sunset di Pantai Indrayati sambil makan ikan bakar.
Pkl 15.30 kami berangkat, dan sebagian temen terlelap (lagi) karena perjalanan masih cukup jauh.