Ekspedisi Gn. Semeru (2), Menatap Mahameru di Kalimati

(masih) Jumat, 7 Juni 2013
Setelah puas melihat bentuk Ranu Kumbolo, kami bersiap untuk berjalan lagi ke Kalimati.
Awalnya kami berniat untuk naik hingga ke Puncak, tapi karena ada yang linu kakinya dan bapak yang staminanya kurang, akhirnya kami memutuskan untuk sampai Kalimati aja.
Saya ga tau Kalimati itu tempat seperti apa. Karena baru pertama kali juga tau. Ya dicoba aja, mumpung udah di Semeru.
Perjalanan dimulai Pkl 08.30 dengan mendaki jalur terkenal, Tanjakan Cinta.
Yang katanya sebelum mendaki, make a wish, lalu selama mendaki ga boleh berhenti dan menoleh ke belakang, akan terkabul permintaannya.
Saya sih yang seperti itu ga percaya, jadi ya tanpa repot make a wish segala, saya berjalan terus mendaki tanjakan cinta.

Lumayan ternyata bikin ngos-ngosam karena tingginya.
Cuman itulah kepuasan mendaki. Setelah lelah dan capek berjalan, mendaki, ketika sampai di puncak disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Bikin semua letih hilang seketika.

Setelah beristirahat sejenak dari tanjakan cinta, kami meneruskan perjalanan menuju Oro-Oro Ombo.
Dibalik bukit terdapat pemandangan yang ga kalah kerennya. Pemandangan bukit hutan pinus dan cemara.

Turun ke Oro-oro Ombo. kami melewati padang rumput tinggi dengan hiasan bunga bertebaran berwarna ungu, menuju hutan Pinus.
Jalannya masih enteng, karena datar dan landai. dikelilingi juga bunga edelweis.
Tapi setelah masuk hutannya, dimulailah perjalanan yang menanjak kembali.

Beberapa kali istirahat di batang-batang pohon yang tumbang.
Cukup melelahkan. Karena medan tanjak lebih tinggi daripada rute Ranu Pani – ranu Kumbolo.

Tapi kami ga bawa carrier atau tenda yang berat. Hanya bawa tas seadanya untuk minum dan makan.
Padahal banyak yang menuju Kalimati bawa carrier seberat-beratnya berat. Kebayang gimana capek dan pegelnya.

Pkl. 11.00 kami tiba Jambangan.
Dari sini mulai bisa melihat sang Mahameru yang terkenal ganas gitu.
Gunung lautan pasir yang jauh lebih ekstrim lagi pendakiannya karena hampir vertikal.
Istirahat sebentar untuk mengisi energi dan foto-foto.
Ga lama lagi kami akan tiba di Kalimati.

Kalimati adalah tempat peristirahatan kedua setelah Ranu Kumbolo untuk para climber yang ingin terus sampai ke Puncak Mahameru.
Biasanya di Kalimati mendirikan tenda lagi, dan mulai mendaki hingga ke Puncak dari sebelum tengah malam, agar dapat sunrise-nya ketika sampai di Puncak.
Rute dari Jambangan ke Kalimati relatif lebih ramah, karena menurun dan pijakan tanah yang enak.
Sampai juga kami di Kalimati Pkl 12.00
Total berjalan 7.5 km dalam 3.5 jam.

Yang kami lakukan ketika sampai, hanya duduk dan memandang Mahameru.
Cuaca lagi berkabut, sehingga sering menutupi puncaknya.
Tapi kami hanya duduk dan memandang kegagahan Mahameru.
Hingga Pkl 13.00

Karena ga berniat untuk kemping dan naik sampai puncak, jadinya kami balik lagi ke Ranu Kumbolo.
Perjalanan pulang lebih cepat, karena menurun dan ringan.
Sampai di Ranu Kumbolo lagi, tepat ketika akan hujan, Pkl 14.45
Total turunnya hanya 2 jam kurang.

Sore di Ranu Kumbolo, disaat udah sepi ga seramai kemarin.
Sehabis ganti baju karena basah dan harus bersih untuk sholat, saya merebahkan badan.
Hujan, sore, lelah, posisi tenda yang udah nyaman, tepat di depan Danau Ranu Kumbolo.
Tapi ga lama.. karena ada ngeloyor lagi masuk seenaknya.
Saya beranjak dan keluar tenda menikmati senja di Ranu Kumbolo.

Yang kocak, saya duduk tepat di sebelah tenda besar khusus para cowo.
Mereka lagi ngobrol-ngobrol tentang kerjaan, tentang ini itu, sampai bikin fantasi tentang tenda depan mereka (yaitu tenda saya).
Ngomongin orang pas orangnya ada di sebelah mereka. Saya cuman diem aja dengerin, ga mau ikut-ikutan mikir kayak mereka.
Seharusnya satu tenda kecil itu untuk saya sendiri, tapi kenapa tiba-tiba ada yang seenaknya masuk aje.
Akhirnya pas topik berpindah ke tentang kamera, saya tiba-tiba nimbrung dan bikin mereka kaget.
ahahaha, pengalaman yang kocak.

Menanti malam, saya akhirnya bergabung juga ngobrol ngalor-ngidul bersama para pria dudul.
Ketawa-ketawa karena tingkah artis Kediri yang susah banget kalau ngomong bahasa Indonesia.
Saya tawarin roti gandum, pas dia makan langsung bisa pake bahasa Inggris. Ahahaha.
Ini saya ketawa sampe ngeluarin air mata.
Saya diajarin kosa kata bahasa Jawa, main tebak-tebakan, dan ngobrol ini itu.
Bener-bener senja yang kocak di Ranu Kumbolo..
Yang awalnya ga pernah kenal, akhirnya merasakan semakin dekatnya kami sebagai satu tim.

Malam menjelang, kami memasak air panas untuk ngopi-ngopi.
Bakar-bakar batang pohon untuk menghangatkan badan karena cuaca udah mulai dingin.
Pkl 21.00 saya pamit duluan ke tenda karena ingin istirahat, dengan sebelumnya menekankan kalau mau ada yang ke tenda harus izin saya dulu dan gantian tendanya.
Tapi akhirnya saya bisa tenang di tenda sendiri.

Mencoba tidur lebih benar dibanding malam kemarin.
Tapi tetep aja, karena tanah yang masih kurang datar dan mulai dingin menusuk hingga tulang.
Yang ada saya hanya guling-guling dalam sleeping bag menghangatkan badan.
Malam serasa lama, ingin segera subuh dan memandang lagi sunrise.
Kali ini tenda saya tepat sekali menghadap spot sunrisenya. Semakin ga sabar menanti fajar.

6 Comments

Filed under gunung, jalan-jalan

6 responses to “Ekspedisi Gn. Semeru (2), Menatap Mahameru di Kalimati

1. sebuah pengalaman yang tak terlupakan

• arditafanisa

udah diliat. blognya keren! keep hiking!
      saya juga anak SMAN 3 Bdg, angkatan 2005. dan saya teteh, bukan kang😉

2. saya pernah tengok filem indonesia – 5cm, dalam movie tu ada tunjukkan tempat ni..and it sooooooooo beautiful….i wish one day saya dapat datang melawat mahameru-semeru-ranu-kumbolo…insyaallah..

• arditafanisa

Malaysia ya? Dulu roommate saya org kajang, malaysia🙂
      Waah, lah tengok 5cm ke? Seru ya.. smoga bisa ke semeru juga someday..