Piknik ke Gn. Kelud

Sabtu, 1 Juni 2013
DSCN0644
Mengawali hari di bulan Juni 2013 yang bertepatan dengan hari Sabtu ini dengan naik-naik 1000 tangga di Gunung Kelud.
Bermula dari inisiasi Juragan LED yang hobi sekali piknik wisata alam, merencanakan piknik ke Gn. Kelud bersama anak-anak didikannya.
Pada awalnya sempet ga akan jadi. Karena situasi dan kondisi line produksi LED yang lagi jadi artis di quarter pertama perusahaan.
Tetapi, dengan konsistensi sang Mandor a.k.a Pak Slamet yang harus berangkat, akhirnya bisa juga saya melancong ke Gn. Kelud yang terletak di antara Blitar dan Kabupaten Kediri.

Tepat pukul 06.30, mobil Kijang Panther sang mandor udah tiba di depan kosan.
Di dalamnya udah ada 2 penumpang (Mba Sofi dan Silvi). Selain saya, ada Mba Ida yang tepat juga sampai di kosan saya ketika mobil menjemput.
Lalu perjalanan langsung menuju arah Pandaan, yang sebelumnya jemput satu orang lagi, Hanapi.
Lengkaplah kami ber-enam menuju Gn. Kelud.

Perjalanan melintasi Pandaan-Malang relatif lancar.
Pukul 11 kami tiba di Makam Bung Karno, kota Blitar.
Sebentar aja singgah makam, lalu ke museumnya, daripada penasaran belum pernah wisata makam Bung Karno.
DSCN0610

Setelah itu, kami mampir untuk makan siang.
Sebelumnya Pak Slamet bahas-bahas tentang Nasi Lodho, khas daerah Tulungagung. Buat kami juga baru pertama kali dengernya.
Karena penasaran dengan Nasi Lodho khas kawasan sana, akhirnya kami berhenti di warung makan yang menjual nasi Lodho.
Ekspektasi kami sepertinya terlalu tinggi, karena yang disajikan adalah Kari Ayam.
Jadi, Nasi Lodho = Nasi Kari Ayam-nya Blitar.

Setelah makan, kami mampir mesjid untuk sholat dan jam 13 kami langsung menuju Gn. Kelud.
Sepanjang jalan yang lancar dan cuaca cerah, kami lebih banyak ngobrol.
Sesekali berhenti untuk nanya jalan ke penduduk setempat, just in case kalau salah rute.
Ada satu daerah yang dilewati menuju Gn. Kelud di kota Lahar itu, kiri kanannya perkebunan Tebu yang sangat luas.
Saking tumbuh dengan subur dan bagusnya, sampai pohon Tebu tersebut berbunga di ujung-ujungnya.
Sejauh mata memandang, Bunga-bunga halus panjang berwarna putih, jadi seperti hamparan karpet. Cantik banget!

Lalu tibalah kami di kawasan Gn. Kelud.
DSCN0634
Dengan bayar satu orangnya Rp 10000 dan mobil Rp 2000, kami masih harus melanjutkan perjalanan menuju parking point diatas sana.
Perjalanan menuju parking point yang bikin kesengsem. Pemandangannya oke banget.
Kiri kanan banyak tanaman Nanas, hutan, bukit, dan pemandangan kota.
Ada yang terkenal dengan jalan misterius. Karena walau kendaraan dimatikan, tapi bisa berjalan sendiri, padahal jalanannya menanjak.
Itu kami buktikan juga waktu pulangnya. dan memang benar, waktu mobil di gigi netral dan ga dijalankan, tapi bisa melaju sendiri di tanjakan.
Secara science-nya saya belum nyari sih, tapi menarik juga.

Sampai di parkiran utama, kami langsung turun dan bersiap untuk memulai perjalanan sebenarnya.
Menuju atas Gn. Kelud yang ditempuh dengan mendaki 1000 anak tangga.
Ga tau sih, beneran ada 1000 buah tangga atau engga, karena ga ada yang hitung dari kami. ngeliatnya aja udah males gitu, ngos-ngosan naiknya juga.
DSCN0654
Sebelumnya kami melewati lorong gelap dulu sekitar 5 menit, baru sampai di tangga pertama.
Walau keliatan sangat jauh dan capek, tapi akhirnya kami semua bisa sampai ke paling atas.
Sayangnya, pas diatas kabut lagi tebal-tebalnya,
pemandangan kiri kanan hamparan kota Kediri dan Blitar jadi ga keliatan,
Kami hanya duduk termenung melihat gelapnya kabut dan menghirup segarnya udara Gn. Kelud yang sedikit bercampur dengan bau belerang.
Setelah foto-foto dan relaks, kami turun kembali lalu meneruskan perjalanan menuju Spring Water-nya.
Lagi-lagi perjalanan ditempuh dengan melalui banyak anak tangga, tapi kali ini menurun dulu.
Karena sambil ngobrol seru seputar kisah heroik sang Mandor bertarung dengan kompeni Jepang di kantor waktu jaman dulu, jadi perjalanannya ga kerasa.
Tibalah kami di kolam air panas Gn. Kelud.
DSCN0687

Pak Slamet, Silvi, dan Mba Ida yang udah siap baju ganti, langsung berendam di kolam hangat.
kalau saya, karena memang ga niat berendam, jadi hanya nyemplungin kaki aja di sungainya.
Salah posisi, bisa-bisa mateng itu kaki, karena kalau sumber aslinya sangat panas.
Hanapi dan Mba Sofi juga hanya nyemplung kaki aja, karena ga bawa ganti.
Setelah puas, kami balik ke parkiran yang maish harus ditempuh dengan menanjak tangga lagi. tapi sebagian ada yang balik pake ojek, walau rutenya horor.

Tiba di parkiran, kami makan sore dari bekal makanan yang sengaja dibawa Pak Slamet.
Foto-foto sebentar, lalu setelah kabut berkurang, jam 17 kami pun beranjak juga untuk pulang menuju Bangil.
Walau berkabut tebal di atas Gn. Kelud, tapi selama perjalanan turunnya kami dikasih pemandangan sunset yang indah.
Hujan gerimis dan siluet langit berwarna merah, keren banget.

Jalan yang ditempuh beda dengan sebelumnya, kali ini pulang lewat Selorejo-Batu.
Jalannya berkelok-kelok dan sepi. Walau jauh, tapi kami enjoy aja, menikmati perjalanan.
Namanya juga piknik.

Sampai di Alun-alun Batu sekitar jam 21 malam.
SUasana malam minggu bikin sekitar alun-alun masih rame dan padat pengunjung.
Kami singgah sebentar untuk jalan-jalan dan beli jagung bakar, lalu meneruskan perjalanan pulang ke Bangil.
Di tengah perjalanan, sekitar Singosari, Mba Sofi dan Silvi turun untuk pulang ke rumah kenalannya masing-masing.
Yang tersisa tinggal Pak Slamet, Saya, Mba Ida, dan Hanapi.
Kami non-stop balik ke Bangil.

Sampai di Bangil sesuai dengan perkiraan saya, jam 23 pas.
Sudah larut sebenernya, tapi buat saya sih ga masalah.
Yang namanya jalan-jalan, piknik, trip, atau apapun itu, jangan estimasi waktu banget, yang penting bisa tepat sesuai tujuan dan fleksibel jadwalnya.

Jadwal trip pertama di bulan Juni ini berakhir dengan cukup sukses.
Masih ada jadwal-jadwal selanjutnya yang sudah memenuhi wiken di Bulan Juni 2013.
Ngejar waktu sebelum masuk Ramadhan dan memaksimalkan keberadaan di Jawa Timur ini.
tanoshiminiii~ ;D
DSCN0661

Leave a comment

Filed under gunung, jalan-jalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s