Finally, Family Holiday (1) – Surabaya

Hari Kamis-Minggu, 9-12 Mei 2013, akhirnya semua keluarga inti saya bisa berkunjung ke tempat saya berdomisili sekarang.
Sekalian karena mereka belum pernah ke daerah Jawa Timur, dan daripada saya yang pulang bisa beresiko ga balik Bangil lagi, lebih baik ajak ortu dan adik2 semua main kesini.

Kamis, 9 Mei 2013
Hari pertama, ayah, mamah, dan kedua adik saya sampai di Bandara Juanda, Surabaya pada pagi hari jam setengah 8an.
Setelah berkangen-kangen sebentar, kami langsung jalan-jalan muter-muter Surabaya dengan mobil rental yang udah disewa selama keluarga saya berlibur kesini.
Tujuan pertama, Mesjid Agung Surabaya. Sambil cari spot untuk sarapan yang sengaja dibawa dari Bandung.
Menu sarapannya itu menu-menu anek ayam dari tempat makan yang dibuat sama adik pertama saya. Setelah resign kerja di Jakarta, dia kapok ga mau kerja kantoran lagi, akhirnya demi bertahan hidup, dia bikin bisnis rumah makan yang lokasinya di garasi depan rumah.

Setelah sarapan menu rumah makan adik saya, kami muter-muter mesjid agung sebentar sambil foto-foto.
Ga sah dong klo udah ke Surabaya tapi ga foto depan patung Suro dan Boyo yang jadi ikon kota ini. Jadinya kami lewat ikon tersebut dan foto-foto heboh dulu.
Setelah itu kami meneruskan perjalanan ke arah Jembatan Suramadu. Karena ayah saya pengen banget ngelewatin itu jembatan. Buat sekalian nunjukin ke temen-temennya kalo ayah udah officially ke Surabaya dan nyebrang Suramadu. Lewat jembatan ini dikenakan biaya Rp 30.000 untuk sekali lewat. Jadi bolak-balik bayar Rp 60.000.
Di tengah jalan deket Taman Bungkul, kami berhenti sebentar untuk beli rujak manis-nya. Yang beda, kalau di Surabaya, rujak manis itu ditambah tahu sumedang. Dan biasanya sih campuran bumbunya pake petis juga. Harganya Rp 10.000, dengan isi yang buanyaaakk.

Siangnya, kami langsung menuju House of Sampoerna.
tempat yang nyediain tur budaya Surabaya dengan bus khas tersendiri.
Sebelumnya kalau mau ikutan Heritage Tour of Surabaya ini harus daftar dulu di websitenya. Sehari ada 3x perjalanan bus mengitari beberapa spot wisata jadul Surabaya.
Karena yang pagi dan siang udah keabisan tempat, jadinya kami dapet yang jam 3 sore. Tapi dari jam setengah 2 kami udah sampai lokasi.
Ikutan tur ini GRATIS, tinggal daftar aja dulu.
Selain ada bus, di sekitaran tempat House of Sampoerna itu ada Museum Sampoerna (segala tentang sejarah rokok Sampoerna) dan Cafe.
Tempatnya enak dan bagus buat foto-foto.
Selagi nunggu giliran kami naik bus, kami makan siang lontong balap dulu di depan House of Sampoerna. Pertama kali keluarga saya dan saya makan lontong balap dengan lauk sate kerang. Seporsi lontong balap dan seikat kerang isi 10bh, harganya Rp 12.000.

Tibalah jam 3 kurang 10 untuk kami masuk bus dan siap-siap berangkat. Isi bus ternyata penuh juga dengan turis lainnya.
Perjalanan yang didapat muter-muter rute jalan protokol Surabaya, berhenti di Monumen Tugu Pahlawan untuk foto-foto dan PTPN dengan bangunan khas Belandanya banget.
Perjalanan makan waktu satu jam, setelah itu kami kembali ke tempat semula.

Selesai sudah agenda di Surabaya, tapi sebelum ke Bangil tempat istirahat keluarga saya, kami makan Rawon Setan dulu.
Ortu sih suka, karena dagingnya gede-gede dan empuk banget. Harga seporsi rawon dipisah dengan nasi itu Rp 25.000. Bisa tambah telur asin dengan harga Rp 4.000

Setelah makan dan kenyaaang. Kami menuju Bangil.
Perjalanan ditempuh sekitar 2 jam. Setelah maghrib kami baru sampai penginapan.
Karena udah kenyang makan segala selama perjalanan, jadinya sampai di penginapan kami langsung istirahat. Harus siap-siap juga untuk perjalanan utama ke Bromo yang jadwal berangkatnya jam setengah 1 dini hari ini.