PROBLEM SOLVING

Kira2 gimana ya algoritma untuk menyelesaikan suatu masalah ?
kepikiran pertama kali itu pasti ada MASALAHnya dulu
Terus di ANALISIS
Terus di HIPOTESIS
Terus di bikinlah SOLUSInya
pertama kali juga saya berpikirnya kayak gitu

Ternyata Problem solving itu bukan bermula dari MASALAH
tapi dari FENOMENA atau REALITA yang ada saat itu
misalnya gini,
kenapa sih kita ngasih cemilan kalo lagi ada materi di kelas ?
jawabnya biar gak ngantuk.
Realita yang ada, kalo dikasih materi berjam2 dan butuh konsentrasi
Kebanyakan orang suka ngantuk.
Padahal tujuan kita inginnya peserta selalu fokus ke materi biar paham.
Tapi, emang cemilan bisa jadi solusi untuk itu ?
Realitanya lagi,mungkin ngantuk bisa ilang tapi fokus malah beralih ke cemilan.
Gak sesuai tujuan lagi dong solusi yang ditawarkan itu.
(Bahas cemilan, soalnya kalo ada materi di organisasi kampus dulu, suka dikasih cemilan di tengah-tengah presentasinya)

Misalnya lagi,
Kita punya uang sedikit
masalah bukan?
tergantung kan.
tergantung kebutuhan orang yang punya uangnya
kalo emang cukup dengan uang segitu ya ngapain jadi masalah
masalah akan muncul ketika dengan uang yang sedikit itu kita gak bisa mencapai tujuan
mau bikin perusahaan besar tapi uang sedikit, itu jadi masalah
solusinya gimana biar dari uang yang sedikit itu bisa mendapat uang yang lebih besar agar tujuan tercapai
tentunya dengan cara halal ya ..

Jadi,dalam Problem Solving sebenernya bukan bermula dari masalah
Tapi dari FENOMENA/REALITA
REALITA itu bukan mlulu harus suatu MASALAH
bisa jadi realita adalah sesuatu yang sudah IDEAL
Tapi seideal apapun pasti ada yang harus diselesaikan untuk mempertahankan keidealannya itu
bisa jadi dari segi konsep udah sempurna
tapi teknisnya yang salah
atau sebaliknya
dalam suatu KONSEP yang dilihat adalah SESUAI atau TIDAK kah konsep tersebut dengan tujuan
Sedangkan dalam TEKNIS yang diliat adalah BENAR atau SALAH kah teknis yang digunakan untuk mengaplikasikan KONSEP
Intinya,selalu liat ke tujuan yang akan dicapai dalam membuat solusi pemecahan masalah
Belum tentu solusi yang dipakai ternyata sesuai tujuan walau tampaknya ampuh untuk menyelesaikan masalah

betul ??

Leave a comment

Filed under cerita-cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s