Nyeuceup

Mungkin budaya ‘ngasih untuk rokok’ atau istilah sundanya mah ‘nyeuceup’ di Indonesia ini ga bisa diilangin.
Walau udah diembel-embelin untuk pengurusan dokumen, dll., di kantor pejabat daerah atau kantor polisi itu Gratis, kayaknya tetep aja kurang kalau ga ‘ngasih’.

Saya suka bingung sendiri jadinya.
Kalau abis urus keperluan dokumen gitu, langsung angkat kaki sambil bilang Terima Kasih aja kah? atau harus ngeluarin lembaran dari dompet kah?
Sedangkan ketika di Jepang, budaya seperti itu jelas-jelas ga ada.

Temen saya aja lagi pengajuan untuk acc cuti panjang PNS biar bisa nyusul suami ke luar negeri,
dipersulit birokrasinya (eh udah jelas lah ya birokrasi di Indonesia emg ribet).
Sampai-sampai ujungnya bilang “yaudah lah, kasih aja berapa biar disetujuin pengajuan cuti-nya.”
Doeng! ya gimana mau bener-bener ini sistem di Indonesia kalau baik pihak birokrasi dan orang-orang yang terlibat di dalam dan luarnya aja udah mikir gitu biar cepet prosesnya.

Tapi selama saya urus-urus dokumen ketika pulang,
kalau ga ada tarif yang harus dibayar, ya saya langsung pergi dengan sebelumnya tersenyum dan bilang Terima Kasih.
Kalau pun harus ngasih, sebagai bentuk hadiah jasa karena udah nolongin, saya lebih milih ngasih barang atau makanan aja.

Semoga ga jadi kebiasaan bagi saya dan keluarga nanti…

Leave a comment

Filed under cerita-cerita

Leave a Reply

