Jelajah Jepang; Hari 1 (Tokyo) & Hari 2 (Kyoto)

Sebenarnya udah lama tur-nya, yaitu dari tanggal 23 Agustus lalu, tapi baru ada mood untuk nulisnya,hehe.

Awal cerita dimulai ketika para keponakan saya, yang berjumlah 4 orang, memutuskan untuk berlibur ke Jepang selagi mumpung saya masih ada di Jepang.
(walau keponakan, tapi mereka udah pada gede2.. ada yang udah kerja, umurnya jauh lebih tua dari saya pula.. yang lain ada yang baru lulus kuliah, tingkat 5 kuliah, dan yang paling muda tingkat 2.. fufufu, jadi tante cilik)
Setelah berurusan cukup ribet dengan prosedur bikin visa, tiket udah ada, dan persiapan udah oke, berangkatlah para keponakan saya itu tanggal 22 Agustus malam dan sampai di Narita Int’l airport tanggal 23 Agustus jam 9an pagi (menurut jadwal) tapi baru ketemunya jam 10an.

23 Agustus 2012

Saya datang jemput mereka di bandara.
Udah dari abis subuh langsung berangkat, soalnya jauh pisan kosan saya ke Narita itu.. 2,5 jam ada kayaknya.
Pas ketemu mereka pada bilang saya kurusan *asseeekkk*😀
Setelah itu, kami ke tempat JR untuk tukar tiket JR Rail Pass.
Tiket JR Rail Pass itu adalah tiket khusus transportasi untuk visitor yang ke Jepang. Dengan pake JR Rail Pass, bisa naik semua kereta, bus, bahkan shinkansen jalur JR kemana pun di Jepang ini selama 7 hari (yang paling murah).
Enak banget deh pokoknya.. tapi sayangnya saya ga bisa pake tiket JR Rail Pass, soalnya hanya untuk visa turis aja,huhu..

Sesuai jadwal, hari ke-1 ini setelah sampai Jepang, saya ajak mereka jalan-jalan di sekitaran Tokyo.
Lokasi pertama itu, Shinjuku; karena sekalian nyimpen barang bawaan di loker stasiun.
Dari Shinjuku diterusin ke Harajuku, jalan ke Shibuya, lalu terakhir ke Akihabara.
Sayangnya ga sempet ke Tokyo Tower, soalnya udah kecapean dan mutusin untuk istirahat pulang ke kosan saya buat besok yang akan sebenarnya tur.

Malam sampai di kosan, kami istirahat sambil beres-beres barang untuk dibawa jalan-jalan ke daerah Kansai dan Hiroshima selama 4 hari.
Sekalian ngeluarin barang-barang titipan; kue lebaran, keripik tempe, dll *yeay!*
Lewat tengah malem baru deh maksain pada tidur karena harus pagi-agi berangkat ke kota pertama di Kansai.

24 Agustus 2012

Sehabis subuh, yang para keponakan itu susyah syekali dibangunin, kami bersiap petualangan dengan tema Exploring Japan’s Heritage.
Kami maunya pergi ke tempat-tempat yang nunjukkin Jepang bangetnya. Yaa, Jepang jaman dulu gitu deh.
Tujuan kota pertama adalah Kyoto.
Perjalanan ditempuh sekitar 2.5 jam dengan kereta Shinkansen dari Odawara hingga Kyoto.
Sampai Kyoto jam 1o-an pagi, kami langsung beli tiket bus untuk wisata satu hari seharga ¥500.

Tempat pertama yang ingin dikunjungin adalah Kinkakuji (Gold Temple).

Cuacanya lagi agak mendung sih..

Setelah dari kinkakuji, kami lanjut naik bus lagi ke lokasi tujuan selanjutnya; Kiyomizudera.
Yang lucunya, seharusnya kami turun di pemberhentian bus depan Kiyomizudera. Karena perjalanan cukup jauh, saya sampe ketiduran, terus orang-orang juga banyak banget di bus. Pas bangun, keponakan saya yang paling besar, bang Oky (he’s a true traveller), turun dari bus.
Tapi Kata keponakan yang duduk di depan saya, Eji, bilangnya bukan di bus stop ini. Jadinya saya nyuruh bang Oky naik lagi, tapi bang oky-nya malah diem.
Kami yang tersisa berempat, melanjutkan perjalanan bus, dan baru ngeh, kalau tempat turun bang Oky itu yang bener.
Jadinya, kami turun dari bus dan balik lagi ke bus stop tempat bang Oky turun.
Setelah balik lagi, ga ketemu dong bang Oky-nya!! *dimana diaaa?*
Udah mah sama sekali ga ada alat komunikasi yang bisa diakses.
Jadinya kami berempat nyoba nyari sampe ke Kiyomizudera dulu, siapa tau bang Oky disana.
Tapi sampe sore, ga ketemu juga dengan bang Oky.

Gerbang menuju Kiyomizudera.
Dengan langit yang sangat cerah dan udara yang sangat panas.
Ketiga keponakan saya karena capek jalan, mereka milih duduk pinggir jalan.
Saya sih jalan-jalan sekitaran Kiyomizudera, karena sepanjang jalannya itu toko oleh-oleh, sekalian icip-icip mochi gratisan,hihi.

Karena ga ketemu juga bang Oky, kami mutusin untuk kembali dan membagi dua kelompok.
Ada yang nunggu di depan jalan arah Kiyomizudera, ada yang balik ke stasiun Kyoto, dengan sebelumnya perjanjian kalau udah jam 5 sore ga ada progress, yang di Kiyomizudera balik ke stasiun Kyoto.
Saya dan ponakan yang perempuan, Melly, berangkat ke stasiun Kyoto.
Pas ditengah jalan di bus, ada telfon, yang bener sesuai feeling kalau itu dari bang Oky.
Dan emang bener aja  bang Oky udah di stasiun Kyoto.
Jadinya kami semua balik lah ke stasiun Kyoto dan mutusin untuk langsung ke kota selanjutnya karena udah agak malem juga.
Lokasi tujuan rencana ketiga kami di Kyoto ga berhasil dikunjungin, yaitu Fushimi Inari, hiks.

Dari Kyoto ke Osaka ditempuh dengan kereta ekspress biasa selama 1 jam.
Sampai di Osaka, yang cowo-cowonya nginep di penginapan backpacker daerah Shinimamiya, sedangkan saya dan ponakan perempuan numpang di apato temen saya, Amel.
Sebelumnya, kami makan malam beli bento ebi furai, oden, dan ngabisin bekel nasi goreng sisa sarapan pagi.

Berakhir juga petualangan di kota tujuan pertama di Kansai yang bener-bener berpetualang mengandalkan insting untuk nyari orang, ahaha.

1 Comment

Filed under jalan-jalan, memoar jepang

One response to “Jelajah Jepang; Hari 1 (Tokyo) & Hari 2 (Kyoto)