Comfort Zone

Pernah suatu ketika ngobrol dengan Sensei bahasa, dia nanya apa ada bedanya saya ketika sebelum dan sesudah dateng ke Jepang?
Tentu aja banyak banget yang berubah.
Paling kerasa adalah cara pikir saya.

Sebelum ngerasain tinggal di Jepang,
dari lahir hingga umur 23 tahun saya tinggal sama keluarga.
Dikelilingi orang-orang yang udah saya kenal baik,
kawan-kawan dan lingkungan yang bisa dibilang sangat nyaman.
Hampir semua yang saya pengen bisa didapat.
Not perfect, though. But i could cherised it.

Lalu datang ke Jepang,
dengan semua pengalaman, lingkungan, kawan, yang serba baru.
Totally new and different.
They had change myself a lot.
Dengan banyaknya “kurang mikir panjang dan matang” saat ngambil keputusan-keputusan.
Saat semua yang dialami sulit untuk diinterpretasikan ke dalam tulisan sekalipun.
Hanya bisa direndam hingga mengembang dan mau ga mau harus dibuang, walau ngerasa berat dan ga ikhlas.

居心地が良い

(igokochi ga ii)
Itu istilah bahasa Jepangnya untuk live in comfortable place
Dulu saya tinggal di tempat yang nyaman, dan ketika memilih untuk pergi ke Jepang, saya mendapatkan apa yang saya dulu tantang.
Live out of my comfort zone.

Lalu sensei saya nanya:
tapi apakah merasa lebih baik?
Dan saya jawab (walau cukup lama mikirnya) :
Tentu saja ada yang lebih baik.
Karena bagaimana pun udah berani keluar dari zona nyaman, walau sedikit tapi ada yang bisa mendewasakan saya.

Begitu pun kata sensei saya.
Ketika seseorang berani keluar dari zona nyamannya, seperti mendobrak diri.
Sedikit sekali orang yang mau merasakan hidup diluar kenyamanannya.
Atau setelah ngerasa ga nyaman, ingin balik lagi ke zona nyamannya.
Bisa melihat “dunia luar” adalah pengalaman yang luar biasa.
Tinggal gimana orangnya,
apa bisa melihat dan memahani luar biasanya “dunia luar” itu.

Mungkin saat ini saya masih sulit untuk bisa paham indahnya “dunia luar” yang sedang saya jalanin.
Tapi saya yakin, suatu saat nanti, i will say:
日本に来て、良かった
(alhamdulillah, saya datang ke Jepang)

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, memoar jepang

Leave a Reply

