Monthly Archives: May 2012

Allah Maha Baik (2)

Allah emang Maha Baik.

Ada aja cara-Nya untuk negur saya yang lagi “masuk” ke zona para setan bermain.

Ada benci.. sangat benci.
Ada amarah.
Ada penyesalan.
Ada rasa tidak ikhlas.
Ada saat tidak sabar.
Merasa kalah dengan pikiran negatif dan perasaan jelek.

Tapi Allah negur saya dengan cara-Nya agar rasa-rasa itu tidak berkelanjutan.
Agar malah tidak semakin memenangkan si setan.
Justru diingatkan.. untuk lebih bersabar dan semakin mendewasakan diri,

Ikhlas dan sabar.

Percaya sama Allah..
Everything will be amazing..

Advertisements

Leave a comment

Filed under cerita-cerita

Comfort Zone

Pernah suatu ketika ngobrol dengan Sensei bahasa, dia nanya apa ada bedanya saya ketika sebelum dan sesudah dateng ke Jepang?
Tentu aja banyak banget yang berubah.
Paling kerasa adalah cara pikir saya.

Sebelum ngerasain tinggal di Jepang,
dari lahir hingga umur 23 tahun saya tinggal sama keluarga.
Dikelilingi orang-orang yang udah saya kenal baik,
kawan-kawan dan lingkungan yang bisa dibilang sangat nyaman.
Hampir semua yang saya pengen bisa didapat.
Not perfect, though. But i could cherised it.

Lalu datang ke Jepang,
dengan semua pengalaman, lingkungan, kawan, yang serba baru.
Totally new and different.
They had change myself a lot.
Dengan banyaknya “kurang mikir panjang dan matang” saat ngambil keputusan-keputusan.
Saat semua yang dialami sulit untuk diinterpretasikan ke dalam tulisan sekalipun.
Hanya bisa direndam hingga mengembang dan mau ga mau harus dibuang, walau ngerasa berat dan ga ikhlas.

居心地が良い

(igokochi ga ii)
Itu istilah bahasa Jepangnya untuk live in comfortable place
Dulu saya tinggal di tempat yang nyaman, dan ketika memilih untuk pergi ke Jepang, saya mendapatkan apa yang saya dulu tantang.
Live out of my comfort zone.

Lalu sensei saya nanya:
tapi apakah merasa lebih baik?
Dan saya jawab (walau cukup lama mikirnya) :
Tentu saja ada yang lebih baik.
Karena bagaimana pun udah berani keluar dari zona nyaman, walau sedikit tapi ada yang bisa mendewasakan saya.

Begitu pun kata sensei saya.
Ketika seseorang berani keluar dari zona nyamannya, seperti mendobrak diri.
Sedikit sekali orang yang mau merasakan hidup diluar kenyamanannya.
Atau setelah ngerasa ga nyaman, ingin balik lagi ke zona nyamannya.
Bisa melihat “dunia luar” adalah pengalaman yang luar biasa.
Tinggal gimana orangnya,
apa bisa melihat dan memahani luar biasanya “dunia luar” itu.

Mungkin saat ini saya masih sulit untuk bisa paham indahnya “dunia luar” yang sedang saya jalanin.
Tapi saya yakin, suatu saat nanti, i will say:
日本に来て、良かった
(alhamdulillah, saya datang ke Jepang)

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, memoar jepang

Baik-baik saja

Ketika ingin ngeluarin semua kotoran pikiran dan hati.
Tapi sesak karena tersekat dan mandek hanya sekedar di pikiran dan hati.
Baca tulisan ini, dan THIS!
Mewakili keadaan saya banget saat ini!!!!

Tapi..
Ketika ingin berontak untuk keluar dari segala ketidakbaik2an ini,
rasanya malu dengan sholat yang dilakukan, tilawah yang dibaca, zikir yang dilafazkan, doa yang dipanjatkan, dan ilmu agama yang diketahui.
Untuk apa semua itu kalau tidak tercermin dari akhlaq?
Menjadi muslimah yang baik… sangat baik..

Tapi..
Apa harus terus bersabar dan merasa semua baik-baik saja?
atau paling tidak mensugesti kalau suatu saat semua akan baik-baik saja?

Tetapi kita tak perlu terus-menerus peduli pada perasaan dan pikiran orang lain, kan?

Sebab kita memang diberi ruang dan kesempatan untuk membuat segalanya tidak baik-baik saja, kan?

Mungkin suatu saat nanti,
izinkanlah saya untuk marah, mencaci, berteriak, egois, tidak bertanggungjawab, menyakiti hati, merusak silaturahim, dan menbuat keadaan sama sekali tidak baik-baik saja.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Asuransi Kesehatan

Hari ini ke klinik karena harus check-up.
Pas udah selesei, bukannya bayar check-up, tapi malah dikasih uang.
Hihihi..

Ceritanya berawal dari pertama kali check-up,
kartu asuransi kesehatan saya udah expired dan terpaksa harus bayar full biaya check-up dan obatnya.
Kalau ada kartu asuransi, bayarnya cuman 30% dari seluruh biaya.

Semenjak itu, akhirnya saya ke kantor daerah untuk perpanjang lagi asuransi kesehatan saya.
Yang awalnya saya kira ga perlu, soalnya alhamdulillah sehat2 aja, ga perlu urusan sama dokter.
Ternyata salah besar kawan.
Tetap asuransi kesehatan itu sangat perlu.
Apalagi tinggal di negara yang serba mahal ini, tapi fasilitas pelayanannya juga sangat profesional.

Setelah dapet kartu asuransi baru, hari ini saya balik lagi ke klinik untuk check-up.
Saya kasih kartu anggota klinik saya ke bagian administrasinya,
lalu kata orangnya sebelumnya kartu asuransi saya ga dipake, dan dia nanya kalau sekarang udah ada atau belum.
Saya kasih liat yang baru dan orang admin itu langsung masukin data baru saya.

Setelah check-up, yang kata dokternya saya normal (alhamdulillah),
seharusnya saya bayar untuk biaya check-up, tapi karena udah ada kartu asuransi yang baru,
biaya yang awal dulu itu bisa dikembalikan 70%nya.
Yatta!! Alhamdulillah.
Soalnya pas awal itu lumayan bayarnya sampe 1juta rupiah lebih.
Tapi yang sekarang ga semahal dulu.
Biaya obatnya juga yang awal dikembaliin 70%nya.

Alhamdulillah..

Kalau udah gini,
ga mau rasanya ninggalin negara ini.
Dengan sistem serba profesional, teliti, akurat, jujur.
Informasi setiap individu dan data-data setiap hal tersimpan sangat rapih dan baik.
Orang-orangnya yang menjunjung tinggi etika profesionalisme dan pelayanan nomor satu tanpa lihat latar belakang status apapun.

Udah beberapa kali ngalamin kejadian yang cuman bisa terkagum-kagum dengan budaya dan karakter luar biasa orang-orang dan sistem disini.
Huhu, beneran ini yang buat berat banget ninggalin negara Jepang.

Semoga Jepang bisa jadi negara Islam.
Atau bangsa Indonesia bisa seperti bangsa Jepang.

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, memoar jepang

Allah Maha Baik

Allah Maha Baik..

Ketika saya mulai down lagi,
Pikiran-pikiran negatif bermunculan lagi,
Penyakit hati kambuh lagi,
Penyesalan menghantui lagi,
Merasa marah, kesal, ga adil, benci..
Tapi Allah selalu menunjukkan jalan kembali pada-Nya.
Dengan berbagai caranya.
Tulisan-tulisan, diskusi dan obrolan, lingkungan sekitar..
Selalu Allah berikan lagi penguat diri.
Untuk fokus terus memperbaiki diri saja,
Terus berbuat baik saja,
Lawan keras segala khayalan melenakan,
Hargai dan hormati diri sendiri,
Cintai diri sendiri,
Ciptakan kebahagiaan sendiri..
Percaya terus Allah akan selalu berikan yang terbaik,
Untuk keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat..

Allah Maha Baik..

Leave a comment

Filed under Uncategorized