Kemudian saya merenung…

Alhamdulillah, Allah udah ngasih saya kesempatan untuk datang dan tinggal di Jepang.
Di tempat yang awalnya saya sesali karena saya menjadi jauh dari keluarga, kawan-kawan dekat, lingkungan nyaman, bikin saya ‘putus’, merasakan kesepian dan kesendirian, sakit hati, stress, depresi, whatever you named it.
Tapi.. ternyata di tempat yang mungkin bisa awalnya dibilang “hopeless place” ini, tapi “I found Love”.

I found that Allah really loves me.

Dia menjauhkan saya dari keluarga untuk bisa merasakan berharganya sebuah keluarga.
Dia menjauhkan saya dari kawan-kawan dekat untuk bisa merasakan pentingnya persahabatan yang dilandasi ikatan karena Allah. Jadi tau mana yang benar-benar kawan baik, atau mana yang sekedar kawan.
Dia membuat saya putus, merasakan sakit hati, pengalaman dengan beberapa yang datang mengganggu, untuk bisa menjaga hati dan diri lebih baik lagi. Bahwa wanita yang baik untuk pria yang baik. vice versa!

Justru di tempat ini yang awalnya saya benci, sekarang saya jadi merasakan sayang.
Karena disini, saya merasa bisa lebih dekat dengan Allah.
Karena disini, saya merasa bahwa Allah selalu ada, saya ga sendirian.
Karena disini, saya dijauhkan dari hal-hal yang akan membuat saya rugi di akhirat.

Wallahu’alam..

Saya ga bisa menyebut diri sudah baik.
Karena memang kenyataannya masih banyak penyakit hati dan pikiran negatif yang terus-terusan datang.
Saya masih suka ngerasa dengki, iri, sombong, kikir, itungan, galau, malas, lalai, sok2an menilai orang lain, ga bersyukur, ga tanggungjawab, ngeluh dan ngeluh, mengasihani diri sendiri, sok2an terpuruk, menyalahkan orang lain dan keadaan, dll.

Saya masih terus memperbaiki diri.
Masih terus belajar bersyukur dan bersabar yang sebenarnya.
Masih terus belajar ikhlas, walau harus dipaksain dan tak rela.
Masih terus meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah dan terutama akhlaq saya.
Karena saya masih jauh sekali dari kategori wanita yang baik.

Tapi di tempat ini, saya malah ngerasa kalau saya semakin menjaga diri, menjaga hati.
Allah seperti menuntun saya untuk menemukan media-media yang bikin saya semakin tersadarkan hakikat hidup ini, semakin mengingat ketika hari perhitungan di akhirat nanti.
Allah menunjukkan ke saya dengan nyata apa itu rezeki, apa itu jodoh, apa itu usaha, apa itu doa.

Mungkin telat, karena selama 2 tahun saya tinggal disini, saya baru ngerasain hal ini.
Tapi di sisa waktu saya disini, yang sebenarnya belum tau apakah balik ke Indonesia atau meneruskan lagi disini, saya bisa ngerasain kalau Allah begitu sayang sama saya.
Ga penting apa pandangan orang lain, yang penting itu apakah keputusan-keputusan yang diambil membimbing ke jalan yang semakin baik atau tidak.

Satu lagi.. semakin kesini saya semakin ngerasain kekuatan doa.
Seinget saya, dulu saya ga pernah berdoa yang bener-bener doa minta, bener-bener percaya akan keajaiban doa, saya berdoa biasa aja.
Mungkin sungguh-sungguh minta ketika dihadapin dengan dilema harus milih si A atau si B, ahaha.
Malah dulu saya punya persepsi apapun yang saya pengen dan minta biasanya kejadiannya ga sesuai dengan yang saya inginkan itu. Dan sebaliknya, ketika saya ga pengan, malah kejadian.
Sehingga pernah saya mikir, “ya udah, mikir yang jelek-jelek aja biar kejadian aslinya bagus”..
Astaghfirullah… see! I’m too shallow!
Padahal apapun yang terjadi itu sudah takdir untuk diri ini semakin baik lagi,
yang terjadi sesuai tepat dengan kebutuhan dan inshaAllah yang terbaik.

Sekarang, saya benar-benar bergantung sama doa.
Benar-benar bergantung sama petunjuk Allah untuk apapun.
Terutama untuk masa depan saya.
Saya tetap berusaha untuk mewujudkan masa depan yang saya inginkan.
Tapi sekarang lebih bergantung sama petunjuk Allah bagaimana, dimana, siapa, semua keputusan hanya ingin minta sama Allah aja.

Dan percaya, everything happens for the best reason.
Allah will put me every where, meet with every people, experience every thing, with His guidance and for my best life in here and here after.. Aamin.

Leave a comment

Filed under cerita-cerita, memoar jepang

Leave a Reply

