Daily Archives: April 2, 2012

Arubaito

Bismillah..

Hari ini saya nyoba arubaito/baito a.k.a part time.
Mumpung belum masuk jadwal perkuliahan dan ga ada apa-apa juga di lab.
(sssstt, harus sembunyi-sembunyi. kalau ketauan program bisa disemprot abis! :p)

Diawali dari temen-temen malaysia disini yang pasti sebagian besar ber-baito ria.
Lalu dikasih tau lah caranya gimana biar bisa baito disini.
Pertama harus ada izin dari imigrasi dulu untuk pelajar bisa baito.
Bentuk izinnya kayak stiker gitu ditempel di paspor.
Kalau udah ada izinm tinggal pergi ke agen yang menyediakan jasa baito dan ikut pengarahan lalu jadi anggota.

Kalau udah jadi anggota agen baito tersebut, nanti tiap harinya ada info tentang tempat kerja mana yang lagi butuh tambahan pekerja untuk bantu-bantu.
Dan enaknya, baito ini ga harus terus-terusan setiap harinya.
Gimana waktu kita kosong aja. Kalau lagi ingin baito tinggal daftar dan cari tempat yang buka lowongan di hari itu.

Hari ini pertama kalinya saya nyoba baito di salah satu pabrik yang bergerak di bidang kemasan kosmetik dan obat-obatan di daerah Hadano, satu stasiun dari tempat tinggal saya.
Waktu kerjanya dari Pkl 09.00 – 17.00, dengan waktu istirahat Pkl 12.00 – 12.45 dan Pkl 15.00 – 15.15
Kerjanya asik dan menyenangkan.
Pagi-pagi sebelum mulai kerja, ada olahraga stretching dulu (bagus nih diterapin di ina), trus ada pengarahan dari mandornya (eaaa, cem jaman kompeni aja), baru deh bergerak ke tempat masing-masing untuk kerja.
Saya dapet di bagian masukin brosur, pamflet, sample kosmetik, dan konfirmasi alamat konsumen ke dalam kotak promosi kosmetik.
Setiap barang yang dimasukin ada barcode yang harus di konfirm secara komputerisasi, biar ga ada yang salah dan kelewatan jenis apa aja yang harus dimasukin ke dalam kotak.
Saya ngerjain hal itu dari pagi sampai siang setelah istirahat.
Udah semua bagian itu selesai, selanjutnya lebih gampang lagi.
Tinggal nempelin stiker barcode ke kotak-kotak “hadiah” untuk konsumen.
Dan itu dikerjain sampai waktu baito saya selesei.

Rame juga, dan lumayan kan sejamnya digaji ¥840.
Sehari baito bisa buat jajan seminggu, huehue.
Tapi dipikir-pikir kalau tiap hari ngerjain hal itu aja,
ngeliat kotak-kotak dan masuk-masukkin kertas melulu,
lama-lama bosen juga kali ya.
Gimana nanti kalau udah kerja beneran??
Senin-jumat, sehari 8 jam, ngerjain kerjaan itu-itu aja.
Harus berkreasi ini sih..

Pengen baito yang malam aaahh.
Biar siangnya bisa ke kampus,
dan biar ga usah ngedenger roommate saya telfon-telfonan mesra ama suaminya, ahaha.
Bukan ngiri juga sih karena sebenernya udah biasa juga, dari dulu pas mereka masih pacaran juga tiap malem telfon-telfonan.
Cuman dulu biasanya nunggu saya tidur dulu baru telfon-telfon,
entah kenapa sekarang makin menjadi aja telfon-telfonannya (ya iyalaah, secara udah nikah).
Ya tapiii, masa harus liat roommate saya nangis-nangisan dan manja-manjaan di depan mata juga sih??
Begini nih ruginya punya satu ruangan untuk beraktivitas.
Ga ada kamar masing-masing 😦

Oiya, mau ngumpulin uang juga.
Buat pergi Umroh ama mungkin beliin tiket untuk ortu&adik2 kesini (ya kaleee tiket ina-jpg cem tiket bdg-jkt aja, harus baito tiap hari itu mah @____@)

Yaah overall, baito hari ini asik.
Kenapa ga dari dulu ya nyoba baitonya, huhu.

#day93/366

6 Comments

Filed under cerita-cerita, memoar jepang