Makanan Khas Pulau Belitung

10 hari merasakan keindahan dan panasnya pulau Belitung dalam rangka liburan.

Selama 10 hari itu pula, makanan sehari2 gak lepas dari seafood dan seafood.

Udang aja segede2 gaban dengan harga yang relatif murah.

udang gedeKalo udah digoreng jadinya kek gini :

udangudangudangMantap deh pokoknya .. gak pernah bosen klo urusan makan seafood mah .. hehehe

Makanan khas bangetnya sih namanya Gangan.

Ikan laut [biasanya ikan krisi] dimasak pake kuah kuning tambah nanas, jadinya seger dan tentunya pedas.

Setiap pagi, di rumah nenek pasti masak limping buat cemilan pagi hari.

LimpingLimping itu sebenernya sejenis pisang goreng, tapi digorengnya langsung banyak, jadi bentuknya kayak pizza pisang gitu.

Ada tambahahan bahan, yaitu parutan kelapa. Jadinya selain ada rasa pisang yang dicampur tepung ada kriuk2 dari parutan kelapannya juga.

Selain Limping yang jadi cemilan pagi, ada juga namanay BeuGeuRo.

beugeuroNah, klo makanan ini rasanya asin.

Yang putih itu [kayak mie] dibuat dari tepung beras atau sagu.

Yang bikin mantep itu kuahnya … dari santan yang dikasih parutan daging ikan tenggiri.

Nyummyyy …

Makanan khas lainnya adalah mie belitung.

mie belitungMie ini campuran dari mie telor+irisan timun+potongan cakue kering+potongan bakwan udang+kentang rebus+emping+kerupuk kuning.

Seperti biasa .. kuahnya selalu yang bikin spesial.

Kuah mie belitung ini kuah yang direbus sama udang kecil2 atau sejenis ebi [selain dgn bumbu rempah lainnya tentunya].

Jadi ada kaldu yang berasal dari kaldu udang … hmmm, yang alergi susah juga nih makan mie belitung ini.

Selama di Belitung juga, saya belajar bikin agar mambo dengan resep yang udah jadul banget.

Agar MamboGambar diatas karena cetakannya aja bagus, jadinya hasilnya bisa bagus gitu.

Padahal bisa jua pake loyang persegi atau bulat.

Bahan2nya juga mudah.

5 butir telur dikocok dengan 1/4 gula pasir sampai ngembang banget.

3 bungkus agar2 warna putih dicampur 1/4 gula pasir dimasak sampai mendidih.

1 ons mentega yang dilelehkan.

Kalo kocokan telur tadi udah ngembang banget, masukin mentega cair, trus agar2 panasnya tadi sambil terus dikocok biar nyatu banget.

Tambahin perasa pisang satu sendok teh aja .. ini yang buat agarnya jadi wangi.

Trus kreasinya terserah kita dengan adonan agar dan telur itu.

Bisa diambil seperempat untuk dikasih pewarna makanan warna merah, seperempat lagi pake warna hijau, atau bisa pake bubuk coklat atau bubuk coffeemix.

Terserah mau dicampur ama pewarna atau perasa lain.

Udah gitu tinggal disusun-susun deh biar tampilannya cantik.

Sambil nyusun di wadah, adonannya harus tetep diaduk, soalnya klo enggak agarnya bisa ngegumpal di dasar loyang.

Klo udah semua, tinggal didinginin masuk kulkas.

Rasanya itu soft banget … makan agar dengan tekstur kayak spons.

Hnah … itulah beberapa makanan khas pulau belitung yang jarang banget ada di bandung ini …

8 Comments

Filed under jalan-jalan, makan-makan

8 responses to “Makanan Khas Pulau Belitung

  1. ari

    eumh,,,oia resep cara bqin mie rebus nya gmna??

  2. enak2 nich mkn Belitong,tp sayang di jakarta jarang yg dagang makanan Belitong

  3. siti juleha

    mak nyossssssssssssssssssss

  4. siti juleha

    mak nyosssssssssssssssssss

  5. itu mie putih dari sagu n pake kuah dr daging ikan tenggiri namanya lakse kan?🙂

  6. heummm jadi kangen kampung halaman euii,,,,,,,,

    lok kata org blitung mah,,, lejukkkkk kan kan gaok e hahahhahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s