Sidang Umum Karisma ITB 29 (2)

Sidang Paripurna yang paling ditunggu2 .. karena setiap tahunnya selalu menjadi sesi dimana semua ketegangan, keburukan, kebaikan, kekecewaan, dll terungkap.

Sidang Paripurna dengan agenda pemilihan Ketua Umum, Ketua LP2K, dan anggota LPMPP periode 29. Sidang ini kembali dipimpin oleh saya.

Setelah melewati proses seleksi, screening, polling, dll. didapatkan nama2 calon Ketua Umum dan Ketua LP2K Karisma periode 29 sebanyak 8 org utk Ketum dan 10 org utk ketua LP2K.

Sesi pertama dibuka dengan perkenalan dan sosialisasi calon. Pada sesi ini, semua calon dikerjain oleh panitia SU. Biasanya jadi tokoh2 lain dan memerankan adegan yang lucu2. Paling suka sesi ini …😀

Setelah selesai, dilanjutkan dengan tanya jawab calon, pandangan umum anggota Majelis Permusyawaratan Pembina (MPP) Karisma ITB, dan kecenderungan terhadap calon.

Karena Sidang Umum Karisma berdasarkan musyawarah mufakat, maka semua hasil harus disepakati oleh semua MPP. Tidak ada sama sekali sistem polling dalam menentukan Ketua Umum dan Ketua LP2K. Jika masih ada MPP yang tidak sepakat, walau 1 org pun, maka tidak akan bisa ditetapkan hasilnya.

Agar mendapatkan hasil Ketum dan Ketua LP2K yang terbaik dari yg terbaik, maka semua anggota MPP mengutarakan semua sifat, sikap, kinerja, dll calon2 Ketum dan LP2K tersebut, baik maupun buruk.

Setelah proses pandangan umum dan kecenderungan anggota MPP terhadap para calon. Selanjutnya adalah polling tertutup lalu  sesi pereduksian calon. Jadi, dari sekian byk calon, ada bbrp yang direduksi untuk tidak melanjutkan ke tahap selanjutnya. Polling tertutup hanya membantu para pemimpin sidang utk menentukan calon2 yang berpotensi direduksi, tetapi hal tsb dikembalikan ke anggota MPP, apakah calon akan direduksi atau tidak. Jadi, polling tidak akan mempengaruhi hasil.

Sayangnya, ditengah2 sesi ini, sidang harus diskors cukup panjang karena kebanyakan anggota MPP yang harus pulang (tidak mendapat izin ortu) sehingga tidak quorum. Selain itu, jadwal sidang yang sangat jauh dari yang diagendakan (ngaret 10-12 jam-an), membuat kami harus berpindah kembali tempat ke Salman, karena penyewaan taman firdaus hanya sampai pukul 20.00 hari Minggu tersebut.

Sidang dimulai tepat pukul 22.00 di GSS E Salman, setelah berusaha memanggil pembina2 yang dapat hadir di Salman ini. Ketua sidang digantikan oleh Hafidz dan dimulai kembali tahap pereduksian calon.

Setelah mendapatkan bbrp calon kuat untuk Ketua Umum dan Ketua LP2K, maka tahap selanjtnya adalah penentuan paket pasangan Ketum dan ketua LP2K.

Singkat penjelasan kenapa Ketum dan Ketua LP2K harus sepaket, karena selama keberlangsungan program Karisma pada periode tsb, Ketum dan Ketua LP2K akan bekerja bersama2 untuk menentukan langkah strategis dan teknis program. Untuk itu, sangat perlu diperhatikan pola komunikasi dan koordinasi diantara kedua org tsb.

Penentuan paket telah disiapkan oleh para pemimpin sidang, selanjutnya seperti sesi diawal. Anggota MPP diminta pandangan umum, kecenderungan, dan melakukan polling tertutup kembali. Tahap ini selesai sekitar pukul 00.30

Tahap selanjutnya adalah pereduksian paket pasangan .. saat2 ini yang paling krusial, karena akan menghasilkan siapa yang menjadi Ketua Umum dan Ketua LP2K selanjutnya. Ketua sidang  diganti oleh Armanda.

Seperti biasa pada tahap pereduksian, selalu terjadi pro dan kontra, bahkan air mata.

Saya hanya dapat mengikuti secara sadar 100% sidang ini sampai pukul 03.30an, sedangkan bbrp anggota MPP dan bahkan pemimpin sidang yg lain telah lama tak sadarkan diri. Saat Ketua Umum telah terpilih dan tinggal memilih Ketua LP2Knya. Ada 2 calon sangat kuat yang menjadi ketua LP2K, sehingga sulit sekali menentukannya.

Entah mengapa mata ini sangat sulit diajak kompromi, jadilah saya setengah sadar mengikuti proses ini walau berada di depan majelis. Dan completely lost consciousness pada saat break sholat subuh.

Tiba2 bangun kembali ketika Armanda berbicara kepada bbrp orang yang dipanggil ke depan meja pimpinan sidang. Ternyata masih berkutat di pemilihan siapa calon Ketua LP2K yang akan mendampingin Ketum. (keknya pemimpin sidang yang cenghar2 aja cmn Arman seorang, secara ketua sidangnya gt loh :P)

Dari segi kemampuan dua2nya sama2 memiliki kapabilitas. Dari segi komunikasi, dua2nya tidak ada masalah dengan Ketua Umum. Namun, satu calon menyatakan tidak bersedia karena ingin fokus di jaringan rohis yang beliau senangi, satu calon lagi menyatakan bersedia namun ada kekhawatiran akan aktivitas beliau di luar Karisma, yaitu Himpunan dan Kabinet yang memegang jabatan sangat penting pada tahun ini.

Masih dengan keadaan 10% sadar, akhirnya sekitar pukul 8 pagi, setelah pembahasan yang sangat2 pelik, terpilihlah  Ketua LP2K periode 29.

Sidang belum selesai, walau Ketua Umum dan Ketua LP2K telah terpilih …

to be continued …🙂

Leave a comment

Filed under cerita-cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s