Monthly Archives: July 2009

Pindahan

pindah blog ah ke –> http://ardfsa.multiply.com

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Sidang Umum Karisma ITB 29 (3)

Belum .. belum selesai agenda sidangnya ..

Dilanjutkan dengan pemilihan anggota LPMPP periode 29. Kali ini yang jadi ketua sidangnya IkhsanFanani.

Alhamdulillah .. saya telah kembali sadar 100% .. 😀

Ada 34 calon anggota LPMPP (termasuk saya, walau udah S.Si .. hehe), dan yang bersedia hanya sekitar 5/6 orang. (kaget deh waktu tau Ikhfa bersedia kembali dicalonkan …)

Untuk penentuan calon LPMPP ini prosesnya tidak sama dengan penentuan Ketua Umum dan Ketua LP2K. Karena Lembaga Pimpinan Majelis Permusyawaratan Pembina [LPMPP] merupakan orang2 yang menjadi wakil MPP Karisma, maka pemilihannya adalah dengan polling terbuka.

Setiap anggota MPP memilih 5 orang yang dipercaya menjadi wakilnya di Karisma periode 29.

Akhirnya, setelah melakukan proses panjaaaaaaanng terhitung dari hari Minggu pukul 10.30 – Senin pukul 09.30 (+/- 23 jam) non stop, dengan ini atas nama Majelis Permusyawaratn Pembina Karisma ITB menetapkan, memutuskan, mengangkat Anggota Forum Lembaga Tinggi Karisma ITB periode 29, sebagai berikut :

1. Ketua Umum : Jati Raharja, T. Material ITB 2006, GF Faiz

2. Ketua LP2K : Rahman Agil Parwatya, T. Fisika ITB 2007, GF Faaza

3. Anggota LPMPP : a. Ikhsan Fanani, T. Informatika ITB 2005, GF Fillah

b. Nur Roni Dinnurohman, T. Informatika UNPAS 2005, GF Daafa

c. Muhamad Aji, T. Perminyakan ITB 2006, GF Kaaffah

d. Ayu Hamidy, Biologi UNPAD 2006, GF Kaaffah

e. Hanifah Fitriani Abdullah, T. Kimia ITB 2007, GF Faaza

InsyaAllah, orang2 diatas merupakan orang2 terpilih yang dapat melanjutkan Organisasi Karisma ITB jauuuuhh lebih baik lagi … Aaaammiinn …

Sesi terakhir diisi dengan pengambilan janji dari para anggota FLT terpilih dan serah terima jabatan dari FLT 28 ke FLT 29. Saat2 ini paling saya gak suka, soalnya berlinangan air mata bgt. Butuh berlembar2 halaman blog jika saya menuliskan semua kegiatan di persidangan hingga tahap ini.

Mengingat kebersamaan kami, FLT 28, selama satu tahun kebelakang. Tiap malam rapat, deadlock memutuskan hasil, uring2an mikirin pembina, adik, dan program, mengeluarkan semua tenaga pikiran, fisik dan biaya, terpecah dengan akademis yang harus ditunaikan, saling merendahkan tapi selalu memberi semangat, dll.,

Tidaklah mudah memikirkan bahwa saat2 itu ternyata berakhir (nangis juga dah gue nulis ini .. T_T). Benar2 akan saya rindukan kebersamaan itu. Suasana kekeluargaan, ketegangan ketika rapat, tapi selalu berakhir dengan ceria walau mendapatkan hasil yang selalu menjadi wacana (hal ini selalu kami tertawakan, sadar klo gak kongkret, tapi selalu diulang kembali, hehehe).

Terima kasih  sebesar2nya saya sampaikan kepada anggota FLT 28 :

1. Hari Solagratia Sinuhaji, selaku Ketua Umum

2. M. Farishadi Rukandi, selaku Ketua LP2K

3. Ikhsan Fanani, selaku koordinator LPMPP

4. Armanda Ikhsan, selaku anggota LPMPP

5. Rachmani Fitri Anggraini, selaku anggota LPMPP

6. Surya Kresnanda, selaku anggota LPMPP

Atas semua kebersamaan, pelajaran, persahabatan, perhatian, suka, dan duka.

Mohon maaf yang sebesar2ya pula atas semua khilaf, salah, dan kekecewaan yang selalu ditimbulkan.

Terima kasih untuk MPP yang telah memilih kami tahun kemarin, mohon maaf atas ketidakamanahan.

Untuk Karisma ITB selalu lebih dan lebih baik lagi …

1 Comment

Filed under cerita-cerita

Sidang Umum Karisma ITB 29 (2)

Sidang Paripurna yang paling ditunggu2 .. karena setiap tahunnya selalu menjadi sesi dimana semua ketegangan, keburukan, kebaikan, kekecewaan, dll terungkap.

Sidang Paripurna dengan agenda pemilihan Ketua Umum, Ketua LP2K, dan anggota LPMPP periode 29. Sidang ini kembali dipimpin oleh saya.

Setelah melewati proses seleksi, screening, polling, dll. didapatkan nama2 calon Ketua Umum dan Ketua LP2K Karisma periode 29 sebanyak 8 org utk Ketum dan 10 org utk ketua LP2K.

Sesi pertama dibuka dengan perkenalan dan sosialisasi calon. Pada sesi ini, semua calon dikerjain oleh panitia SU. Biasanya jadi tokoh2 lain dan memerankan adegan yang lucu2. Paling suka sesi ini … 😀

Setelah selesai, dilanjutkan dengan tanya jawab calon, pandangan umum anggota Majelis Permusyawaratan Pembina (MPP) Karisma ITB, dan kecenderungan terhadap calon.

Karena Sidang Umum Karisma berdasarkan musyawarah mufakat, maka semua hasil harus disepakati oleh semua MPP. Tidak ada sama sekali sistem polling dalam menentukan Ketua Umum dan Ketua LP2K. Jika masih ada MPP yang tidak sepakat, walau 1 org pun, maka tidak akan bisa ditetapkan hasilnya.

Agar mendapatkan hasil Ketum dan Ketua LP2K yang terbaik dari yg terbaik, maka semua anggota MPP mengutarakan semua sifat, sikap, kinerja, dll calon2 Ketum dan LP2K tersebut, baik maupun buruk.

Setelah proses pandangan umum dan kecenderungan anggota MPP terhadap para calon. Selanjutnya adalah polling tertutup lalu  sesi pereduksian calon. Jadi, dari sekian byk calon, ada bbrp yang direduksi untuk tidak melanjutkan ke tahap selanjutnya. Polling tertutup hanya membantu para pemimpin sidang utk menentukan calon2 yang berpotensi direduksi, tetapi hal tsb dikembalikan ke anggota MPP, apakah calon akan direduksi atau tidak. Jadi, polling tidak akan mempengaruhi hasil.

Sayangnya, ditengah2 sesi ini, sidang harus diskors cukup panjang karena kebanyakan anggota MPP yang harus pulang (tidak mendapat izin ortu) sehingga tidak quorum. Selain itu, jadwal sidang yang sangat jauh dari yang diagendakan (ngaret 10-12 jam-an), membuat kami harus berpindah kembali tempat ke Salman, karena penyewaan taman firdaus hanya sampai pukul 20.00 hari Minggu tersebut.

Sidang dimulai tepat pukul 22.00 di GSS E Salman, setelah berusaha memanggil pembina2 yang dapat hadir di Salman ini. Ketua sidang digantikan oleh Hafidz dan dimulai kembali tahap pereduksian calon.

Setelah mendapatkan bbrp calon kuat untuk Ketua Umum dan Ketua LP2K, maka tahap selanjtnya adalah penentuan paket pasangan Ketum dan ketua LP2K.

Singkat penjelasan kenapa Ketum dan Ketua LP2K harus sepaket, karena selama keberlangsungan program Karisma pada periode tsb, Ketum dan Ketua LP2K akan bekerja bersama2 untuk menentukan langkah strategis dan teknis program. Untuk itu, sangat perlu diperhatikan pola komunikasi dan koordinasi diantara kedua org tsb.

Penentuan paket telah disiapkan oleh para pemimpin sidang, selanjutnya seperti sesi diawal. Anggota MPP diminta pandangan umum, kecenderungan, dan melakukan polling tertutup kembali. Tahap ini selesai sekitar pukul 00.30

Tahap selanjutnya adalah pereduksian paket pasangan .. saat2 ini yang paling krusial, karena akan menghasilkan siapa yang menjadi Ketua Umum dan Ketua LP2K selanjutnya. Ketua sidang  diganti oleh Armanda.

Seperti biasa pada tahap pereduksian, selalu terjadi pro dan kontra, bahkan air mata.

Saya hanya dapat mengikuti secara sadar 100% sidang ini sampai pukul 03.30an, sedangkan bbrp anggota MPP dan bahkan pemimpin sidang yg lain telah lama tak sadarkan diri. Saat Ketua Umum telah terpilih dan tinggal memilih Ketua LP2Knya. Ada 2 calon sangat kuat yang menjadi ketua LP2K, sehingga sulit sekali menentukannya.

Entah mengapa mata ini sangat sulit diajak kompromi, jadilah saya setengah sadar mengikuti proses ini walau berada di depan majelis. Dan completely lost consciousness pada saat break sholat subuh.

Tiba2 bangun kembali ketika Armanda berbicara kepada bbrp orang yang dipanggil ke depan meja pimpinan sidang. Ternyata masih berkutat di pemilihan siapa calon Ketua LP2K yang akan mendampingin Ketum. (keknya pemimpin sidang yang cenghar2 aja cmn Arman seorang, secara ketua sidangnya gt loh :P)

Dari segi kemampuan dua2nya sama2 memiliki kapabilitas. Dari segi komunikasi, dua2nya tidak ada masalah dengan Ketua Umum. Namun, satu calon menyatakan tidak bersedia karena ingin fokus di jaringan rohis yang beliau senangi, satu calon lagi menyatakan bersedia namun ada kekhawatiran akan aktivitas beliau di luar Karisma, yaitu Himpunan dan Kabinet yang memegang jabatan sangat penting pada tahun ini.

Masih dengan keadaan 10% sadar, akhirnya sekitar pukul 8 pagi, setelah pembahasan yang sangat2 pelik, terpilihlah  Ketua LP2K periode 29.

Sidang belum selesai, walau Ketua Umum dan Ketua LP2K telah terpilih …

to be continued … 🙂

Leave a comment

Filed under cerita-cerita

Sidang Umum Karisma ITB 29 (1)

Alhamdulillah .. setelah melewati 3 hari dengan penuh kurasan pikiran .. hak tubuh sementara tak dipedulikan ..

Hari ini, Senin (27 Juli 2009), kembali Karisma ITB memilih para pejuang2 baru dan lebih baik yang akan meneruskan estafet keberjalana organisasi remaja islam ini.

Dimulai dari hr Jumat, 24 Juli 2009, Pkl 14.00 @GSS D Salman, dengan agenda penentuan pemimpin sidang, tata tertib sidang, dan sempat ‘panas’ di masalah jmlh quorum.

Pemimpin sidang terpilih adalah : Ikhsan Fanani (IF’05), Armanda Ikhsan (Ose’05), Surya Kresnanda (TI’05), Ardita Fanisa (Fi’05), dan Rachmani Fiti (ESP’05)

Namun, karena Surya tiba2 demam, sehingga selanjutnya digantikan oleh Hafidz Effendi (Mesin’05)

Akhirnya disepakati bahwa quorum utk keberlangsungan sidang adalah 40 Orang hadir secara fisik di ruangan sidang ditambah 20 sms perwakilan sahabat2 yg tidak bisa hadir.

Setelah maghrib, kami mobilisasi ke tempat sidang umum sebenarnya, yaitu di Taman Firdaus, Ciwaruga.

Sidang kembali dibuka Pkl. 21.00 dengan meneruskan agenda selanjutnya, yaitu Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum, Ketua LP2K, dan Ketua LPMPP periode 28.

Sidang paripurna ini dipimpin oleh saya sendiri .. semua laporan, sesi tanya jawab, dan penetuan 3 komisi LPJ selesai pada pukul 01.00 dinihari.

Esoknya, sidang dilanjutkan pukul 08.00 dengan agenda sidang komisi untuk penentuan apakah LPJ2 Ketum, Ketua LP2K, dan LPMPP diterima atau ditolak.

setelah sidang komisi selesai, maka diadakan presentasi hasil. Hasilnya adalah :

1. LPJ LPMPP 28 diterima dengan syarat, yaitu memperbaiki LPJ tertulis dengan menmbahkan saran yang tertera dan saran pada setiap program kerja.

2. LPJ LP2K 28 (awalnya) ditolak. Namun, ketika diadakan klarifikasi ini itu dan pemanggilan kembali ketua LP2K, maka akhirnya LPJ Ketua LP2K 28 diterima dengan syarat, yaitu memperbaiki LPJ dengan mencantumkan data, analisis, dan sumber yang jelas.

3. LPJ Ketua Umum 28 diterima dengan syarat, yaitu memperbaiki LPJ tertulis secara bahasa dan mencantumkan keterangan database adik, pembina, dan laporan keuangan terperinci.

Sidang ini selesai ketika menjelang ashar hari Sabtu, 25 Juli 2009.

Sidang dilanjutkan dengan pembahasan Format Rancangan Karisma 29, dipimpin oleh Rachmani dan digantikan oleh Armanda.

Cukup pelik juga, karena ini merupakan format baru karisma. Biasanya (sebelum periode 28), Badan Pekerja telah dibentuk jauh hari sebelum SU. Ketika SU merupakan pengesahan hasil.

Namun, karena dirasa keberadaan hasil tersebut tidak integral, maka dibuatlah Badan Pekerja Format Rancangan Karisma 29 yang membuat kerangka Program Karisma 29.

Isi dari Format tersebut, dibuat oleh tim pengisi format yang disahkan pada SU 29 ini. Mereka bekerja setelah SU selesai dengan tenggang waktu selama 14 hari.

Selesailah pembahasan Format ini dengan nama Rancangan Garis Besar Program Karisma (RGBPK) 29 pada hari Minggu, 26 Juli 2009, Pkl 10.00

Selanjutnya adalah Sidang Paripurna yang ditunggu2 ..

to be continued ..

2 Comments

Filed under cerita-cerita

Love’S storY is Not a LoVe STory !!!

Pada suatu waktu, terdapatlah sebuah pulau dimana semua Sifat hidup bersama.

Ada Kebahagiaan, Kesedihan, Ilmu Pengetahuan, dan semua Sifat termasuk Cinta.

Suatu hari, diumumkan pada semua Sifat bahwa pulau yang mereka tempati akan tenggelam.

Jadi, mereka semua mempersiapkan perahu dan pergi.

Cinta tetap bertahan hingga saat2 terakhir.

Saat pulau tersebut benar2 akan tenggelam, Cinta memutuskan untuk meminta bantuan.

Lewatlah Kekayaan dengan perahunya yang mewah. Cinta berkata, “Kekayaan, bisakah kau membawaku serta?” .. Kekayaan berkata, “Tidak, Aku tidak bisa. Sudah banyak emas dan perak di perahuku, tidak ada tempat untukmu lagi.”

Kemudian Cinta berharap pada Keangkuhan yang sedang melewatinya.

Keangkuhan, ikutkan aku di perahumu ..”

Keangkuhan menjawab, “Tidak bisa. Lihatlah kau basah kuyup. Itu akan merusak perahu indahku.”

Tak lama, Kesedihan pun melewati Cinta. Cinta berkata, “Kesedihan, biarkan aku ikut denganmu.”

dan Kesedihan pun menjawab, “Oh Cinta, aku sedang sedih dan aku sedang ingin sendirian.”

Kebahagiaan sebenarnya melewati Cinta yang sedang minta tolong. Tetapi, saking senangnya dengan perahu yang didapatna, suara Cinta pun tak terdengarnya.

Akhirnya, terdengarlah suara, “Ayo Cinta, ikutlah denganku.” Itu adalah suara yang sangat bijak.

Cinta merasa sangat beruntung dan sangat gembira sehingga saat mereka sampai di pulau yang baru, Cinta lupa menanyakan nama penolongnya.  Sedangkan sang penolong sudah pergi kembali.

Cinta menyadari bahwa betapa berhutang budinya ia pada penolongnya itu.

Kemudian, Cinta bertanya pada Ilmu Pengetahuan, “Siapakah yang menolongku tadi?”

Ilmu Pengetahuan menjawab, “itu adalah Waktu.”

Waktu? kenapa Waktu menolongku?” Cinta penasaran.

Ilmu Pengetahuan menjawab sambil tersenyum bijak, “karena hanya Waktu lah yang sangat mengetahui betapa berharganya sebuah Cinta.”

..^^..

1 Comment

Filed under cerita-cerita