PMS (Premenstrual Syndrome)

Menurut sumber-seumber kedokteran PMS itu adalah gejala-gejala yang dialami wanita sebelum menstruasi.

Biasanya dialami 2 minggu atau 1 minggu sebelum “dapet”

Gejalanya :

– Pusing
– Depresi
– Perasaan sangat sensitif
– Gampang marah dan tersinggung, padahal gak jelas sebabnya
– Jerawatan

kalau lebih jelasnya tentang PMS bisa browse di internet, banyak.
Nah, saya cuman mau curhat,,kalau ternyata gejala2 PMS itu ada benernya juga. Menurut penelitian sih karena hormonal.

Setiap menjelang tanggal2 “dapet”, gejala2 PMS itu selalu datang.
Saya jadi orang yang semakin jutek, dan pengen jadi orang jahat kyknya.
Kalau ada yang nanya2, saya suka mikir “kenapa sih harus nanya saya?”.
Pokoknya moodnya emang gak bagus bangetlah .. marah2 jadi lebih gampang keluar.

Kerjaannya melow, meratapi nasib, ingin nonton film2 romantis yang berakhir tragis trus nangis sejadi2nya. Kalau dipikir, sindrom ini baru datang pada saya ketika saya kuliah mulai tingkat 2. Asalnya dari SMP-SMA-tingkat 1, saya gak pernah ngalamin sindrom ini loh.

Kenapa ya???

Apa pola hidup saya malah jadi berantakan tahun2 ini. Soalnya menurut sumber juga, gejala ini dapat terjadi karena pola hidup jelek, pola makan jelek, kurang zat2 mineral yang dibutuhkan tubuh, gak rileks kali ya…

Hmm..emang saya jarang banget olahraga (secara SMP-SMA-tk 1 wajib mata pelajarn OR), kerjaannya begadang, dan jadi addict ama kopi, makan sembarang gak kenal waktu … wew

Atau saya kurang bersyukur ???
Faktor paling penting kyknya tuh .. astaghfirullah.

So, you people, kalau sekiranya saya berubah jadi makin jutek dan jahat. Jangan nambah perkara ama saya, jangan juga mau macem2 gak jelas. Bisa2 gak mau lagi temenan ama saya seumur hidup.
Jangan dong … i need friends nih ..

7 Comments

Filed under cerita-cerita

7 responses to “PMS (Premenstrual Syndrome)

  1. Tah papa, kok bahas ini siy dit? kek ga ada topik laen aj😛

  2. penting ko dit,,,saya juga waktu itu kepikiran mau posting seperti ini,,,,pengetahuan buat orang2 yang ada d sekitar kita, biar mereka ga salah prasangka…

    btw dit, si elu jago juga menahan emosinya….

  3. ehem2…
    masuk ksini ndapapa ya… sbg biologist😀
    nah memang regulasi hormonal itu akan sejalan dengan regulasi metabolisme tubuh lainnya…

    duaduanya berjalan paralel dan saling mempengaruhi…
    nah maka itu aktivitas fisik (no offense, ok? :D) perlu untuk membantu menyeimbangkan respons akibat perubahan sekret hormon yang tiba2 melonjak itu…

    skemanya kurang lebih gini :

    hormon (alami) emosi metabolisme tubuh <– aktivitas OR

    emosi yg labil bs pengaruh pada ketidaksetimbangan fungsi hormonal (terlambat dtg bulan dsb dsb) begitu pula sebaliknya.

    metabolisme tubuh terganggu membuat badan tidak bugar dan mengganggu emosi.

    respon lain yg boleh/tidak diakui…yaitu berat badan pun ikut ndak stabil…
    nah itu jg krn bs saja pelampiasan emosi berpengaruh pada perilaku makan, ditambah lagi kecendrungan sifat dari estrogen+progesteron utk mudah mengikat nutrisi (termasuk air dan lemak) maka itu perubahan berat badan ini pun tak jarang jg ditemui.

    nah selain itu estrogen+progesteron ini juga meningkatkan penyerapan kalsium tubuh…maka tu kalau 2 hormon ini tak diproduksi lagi (menopause), akan mempercepat tulang yg miskin kalsium mengalami degenerasi (osteoporosis)

  4. Terimakasih atas infonya yang bermanfaat. Oh iya, mohon jika berkenan, artikel kami ini diberi komentar positif Anda:

    33 Hal yang Dapat Kulakukan Jika Hari Ini Hari Terakhir Hidupku

    http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=19&jd=33+Hal+yang+Dapat+Kulakukan+Jika+Hari+Ini+Hari+Terakhir+Hidupku&dn=20080604091147

    Terimakasih.

    Dito Anurogo
    ditoanurogo @ gmail.com
    Mobile: 0856-41-288-711

    Penemu Hematopsikiatri dan penulis buku “Pelangi Jiwa” dan “123 Penyakit”

Leave a Reply

