QALBUN

Terkadang orang Indonesia suka mengartikan sesuatu kata serapan itu diumumkan. Saya sih lebih suka bilangnya sok mahiwal sorangan
Hati = Heart, letaknya di dada
Kalau orang lagi jatuh cinta, ketemu yang disukai
“My heart beat so fast … ” sambil megang dadanya, istilah lainnya “deg-degan euy .. ”
Padahal yang di dada itu kan jantung
Bahasa Inggrisnya jantung adalah heart
Dan hati adalah liver
Letaknya jantung di dada sebelah kiri sedangkan hati di perut bagian kanan

Menurut bahasa arab, jantung itu adalah kadidun sedangkan hati adalah kabidun (Kalo gak salah denger :P)
Terus apa yang dimaksud Qalbun ?
Manajemen Qalbun = Manajemen hati
Hati disini hati yang mana ?
Yang di dada atau yang di perut ?
ternyata kawan, Qalbu disini menurut bahasa adalah pusat kesadaran
Kalo menurut istilah, Qalbun itu adalah penyusun kesadaran tubuh manusia yang terdiri dari :
1. Otak
2. Jantung
3. Sumsum tulang belakang
4. Kelenjar Hipophise
Jadi Qalbun itu bukan satu hati doang, tapi terdiri dari kesatuan beberapa penyusun kesadaran tubuh manusia

Yang membedakan manusia dengan hewan atau tumbuhan apa ?
Menurut saya otaknya …
Manusia lebih beradab karena ada otak yang supercanggih ini
Katanya sih otak itu bisa lebih cerdas daripada komputer paling cerdas sekalipun
Sekaligus otak sebagai organ utama penyusun kesadaran tubuh manusia itu juga
Menurut ilmu kedokteran, sebenernya kalo mau tau seseorang itu udah mati atau belum, jangan diliat dari EEGnya
ECG itu Electrocardiogram alat yang disambungkan ke dada untuk mengetahui detak jantung kita
Kalo EEGnya udah nunjukkin kurva yang lurus sebenernya belum tentu seseorang itu udah babay duluan
Tetapi, diliat dari ECGnya
EEG itu Electroencephalogram alat yang disambungkan ke kepala untuk melihat impuls otak kita
Nah, kalo ternyata ECG udah nunjukkin kurva yang lurus2 aja, berarti seseorang itu emang udah dead

Qalbun ada artinya tersendiri juga
Qalbun = sesuatu yang gampang berubah atau tidak stabil
Makanya, kadang kita suka semangat ngelakuin hal yang baik atau jadi malaikat
Terkadang juga malah ngelakuin sesuatu yang buruk, mode on : Devil
Gimana dong biar Qalbu kita bisa stabil ??
It’s so simple my friends ,,
Ada nih di QS. Ar-ra’du : 28
Cuman dengan Dzikir, istilah lainnya banyak2 mengingat Allah SWT
Penyakitnya nih, suka lupa buat dzikir setiap saat itu
Padahal dengan mengawali sesuatu apapun dengan basmalah dan mengakhirinya dengan hamdallah
Mo makan, belajar, keluar rumah, ke toilet, tidur, jalan2, dll
Sesuatu yang kita lakuin itu sepanjang waktunya adalah bernilai ibadah
But, pastinya kita juga udah tau dong mana yang baik dan buruk untuk dilakuin
Masa main doTA sampe mabok ninggalin yang wajib bisa dibilang baik

Yosh,,, Semangat untuk selalu menjadi pribadi yang lebih baik !!!
Kuncinya : saling mengingatkan
That’s what friends are for …

5 Comments

Filed under cerita-cerita

5 responses to “QALBUN

  1. kalo sistem syaraf masuk qalbun jg??

    • arditafanisa

      klo gak salah sistem syaraf udah termasuk yang sumsum tulang belakang itu
      wah,,biologimu gimana toh bung
      saya sih wajar gak bisa biologi..jelas2 masuk fisika

  2. lah saya TEKNIK fisika..
    i repeat,, TEKNIK, ya T E K N I K, ulangi T! E! K! N! I! K!

    TEKNIK FISIKA..
    ada unsur biologi??

  3. oya,
    ada beberapa informasi yang keliru disini..

    EEG = electroencephalogram, alat untuk mendeteksi sinyal otak..
    ECG = electrocardiogram, alat untuk mendeteksi sinyal jantung..
    EMG = electromyogram, alat untuk mendeteksi sinyal otot…

    mati, berarti electroencephalografnya ga keliatan..

  4. arditafanisa

    pengertian EEG, ECG nya udah bener
    cuman salah ketik ..
    seharusnya EEG ganti ECG dan sebaliknya
    maksudnya emang klo udah meninggal EEGnya yang lurus2 aja bukan ECG

    terimakasih udah dikoreksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s