PEMBINA

Teringat pembicaraan tadi malam dengan para Pembina di salah seorang rumah sahabat Pembina anak TL 2005 …

Sahabatku si A berkata :

Liat blog saya : mandoesche.blogspot.com

Sahabatku si H berkata :

Pembina itu adalah orang yang harus sadar bahwa dirinya mau Membina dan juga Dibina. Jadi PEMBINA = DIBINA = MEMBINA

Sahabatku si N berkata :

Saya suka bingung kalau minta masukan dari para senior dulu. Niatnya kan pengen dapet solusi dari masalah bercermin dari kejayaan jaman mereka bagaimana mereka mengatasi kendala2 yang muncul pada saat itu. Tapi kok malah ujung2nya pasti cerita tentang romantisme masa lalu .. “Kalo jaman saya mah begini .. trus begitu .. ” gak kongkret langsung ke hal yang ingin saya pahami.

Saya juga sadar akan hal itu .. niatnya ngundang para senior sebenernya pengen dapet solusi dan taktik mereka bagaimana bisa sukses menghalau hambatan .. tapi emang ujung2nya cuman cerita2 aja yang menjadi lecutan semangat diawal. seterusnya??

Makanya sebagai orang yang punya status sebagai Pembina, harus mau Dibina dan Membina. Dampak dari Dibina dan Membina itu, menurut saya sih, selain emang nambah ilmu dunia dan akhirat juga kita bisa jadi Pahlawan pada jaman kita sekarang.

Setiap jaman kan punya sejarah dan Pahlawannya masing2. tiba-tiba saya berkata :

Setiap jaman itu tantangannya beda-beda .. orang yang jadi pahlawan di jamannya adalah orang yang mau memikirkan apa akar masalah dari keadaan tersebut dan mau berusaha untuk menyelesaikan masalah itu.  namanya juga pahlawan ,, orang yang mau berjuang lebih untuk memperbaiki yang salah dan harus lebih baik lagi dari jaman sebelumnya.

Nah .. kalo kita mau jadi pahlawan di masa kita sekarang ini, gak usah repot2 dengerin kisah klasik dari masa lalu yang indah itu (boleh sih sekalian transfer ilmu dan penyemangat diawal), tapi kita harus mau duduk berjam-jam dan menguras otak sambil ngusap2 dengkul untuk memikirkan apa sih akar dari masalah yang timbul ini. Setelah itu, rancang langkah yang sistenatis, strategis, dan teknisnya dengan rencana2 cadangan. Jangan lupa untuk selalu punya motivasi dan semangat untuk mau berubah menjadi lebih baik lagi dan memberikan manfaat bagi sahabat2 yang lainnya.

Korelasinya …

PEMBINA –>  DIBINA –> Nambah Ilmu buat Bekal –> MEMBINA –> liat realitas –> ada Kendala/Hambatan –> cari akarnya –> cari solusinya.

ya .. kira2 begitulah

saya jadi setuju banget ama motto SMA saya dulu :

KNOWLEDGE is POWER but CHARACTER is MORE

Dibina kan buat Knowledge nya sedangkan Membina buat Characternya

1 Comment

Filed under cerita-cerita, karisma itb

One response to “PEMBINA

  1. Setuju teh,sama m0tt0 sma qt..

    Menurut aku biar semangat di awal gak segera turun,sebaiknya ditulis ketika kita merasakan semangat itu dgn kata2 yg mampu membangkitkan semangat..
    Jd waktu lg turun semangatnya,qta bc aja tulisan itu..
    Hehehe..

    Ay0 teh semangat FLT!
    Aku bantu kawand

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s